Wujudkan Pemerintahan yang Efektif, Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin Minta Perkuat 3 Kunci Ini

KUPASONLINE.COM-Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin minta elemen pemerintahan untuk memperkuat tiga kunci ini, yakni Integritas, Kompetensi, dan Komitmen, untuk mewujudkan pemerintahan yang efektif, dalam sambutannya di Seminar Nasional “Pelaksanaan Pemerintahan yang Efektif _(Clearing House tentang Best Practices_ di Segala Aspek Pemerintahan) yang bertempat di Aston Soll Marina Hotel, Selasa (28/6/22).

“Secara kesimpulan sederhana, pemerintahan yang baik mencakup dimensi kepemimpinan, manajemen, dan prioritas program yang menjadi komitmen sebuah pemerintahan dalam konteks ini,” ujar Pj. Gubernur Ridwan.

“Kualitas suatu pemerintahan sangat kuat ditentukan oleh hadirnya kepemimpinan yang berbasis integritas, kompetensi, dan komitmen. Bapak/Ibu saya kira, tiga kunci inilah yang bisa kita jalani bersama dan kita perkuat,” katanya.

Baca juga  Pemprov Babel Jajaki Kerja Sama Pendidikan dengan Jerman

Selain itu, menurut Pj. Gubernur Ridwan, kompetensi juga penting karena ini menjadi ujung dari penilaian publik terhadap pemerintah, apakah berkompeten atau tidak dalam hal penyelenggaraan pemerintahan. Juga komitmen tak kalah penting, di mana perlu aksi yang nyata, turun ke lapangan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Meski ini tidak mudah, tapi komitmen ini tidak bisa dianggap remeh.

Class nasional ini dihadiri pihak Pemerintah Provinsi Kepulaun Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Maluku Utara, guna untuk saling belajar dan mengadopsi hal apa saja yang baik dari masing provinsi, untuk diimplementasikan nantinya ke provinsi masing.

Ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Anies Baswedan, di mana class ini dibuat bukan hanya untuk merumuskan satu saja recipe, tetapi justru untuk saling terbuka dan belajar.

Baca juga  Bulan Bakti PT Timah Tbk di Pangkalpinang Diikuti Ratusan Peserta, Warga Berharap Tahun Depan Diadakan Lagi

“Pemerintah yang efektif itu yang mau membuka diri dan saling belajar. Dari sekian banyak kabupaten dan kota, nantinya bisa kita adopsi pembelajaran baiknya untuk daerah kita. Contohnya pengalaman di Surabaya bisa kita implementasikan ke Jakarta, atau pengalaman di Medan bisa digunakan di provinsi lainnya,” individualized organization Anies.

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi, juga tanya jawab. Adapun pemateri dalam class ini di antaranya: Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Periode 2017-2022 Abdul Fatah dengan materi “Kepemimpinan dalam Mewujudkan Pemerintahan Efektif”, Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Himawan Hariyoga Djojokusumo dengan materi “Perencanaan Program Pemerintahan untuk Menjamin Pemerintahan Efektif”, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN Lembaga Administrasi Negara Agus Sudrajat, yang membahas tentang “Pembangunan Manajemen Pemerintahan bagi Terselenggaranya Pemerintahan Efektif”, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Budi Widihartanto dengan topik “Pembangunan Manajemen Pemerintahan bagi Terselenggaranya Pemerintahan Efektif”.

Baca juga  Ust H. Zuhri M Syazali Anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung 2019-2024," Budayakan Silaturahmi Bersama Membangun Negeri"

Agar class nasional yang dihadiri peserta dari luar Provinsi Kep. Babel ini menjadi terkesan, maka diajaklah mereka untuk mengunjungi tempat di Bumi Serumpun Sebalai, yakni Galeri Destiani, Pabrik Olahan Kerupuk dan Kemplang, Jembatan Emas, terakhir singgah di Pantai Pasir Padi untuk menyantap makanan laut yang dimasak dengan masakan khas Kep. Babel di Resto Aroma Laut. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *