Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin Lakukan Pembinaan kepada para Penambang Ilegal di Kawasan Menumbing

KUPASONLINE.COM– Beberapa waktu lalu dilakukan penghijauan di kawasan Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Menumbing, Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar). Tetapi, pasca penanaman, ada laporan dari masyarakat dan media massa perihal kegiatan pertambangan ilegal di kawasan tersebut.

Tak ingin bertolak belakang dengan tujuan penghijauan yang dilakukan, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin, langsung mengambil langkah tegas, dan terukur.

Ia langsung mendatangi para penambang ilegal di Kawasan Menumbing, tepatnya di belakang kawasan wisata Batu Balai, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (25/8/22). Kehadirannya untuk melakukan sosialisasi, dan pembinaan kepada para pelaku.

Baca juga  Pj Gubernur Suganda Sambut Kedatangan Danguspula Koarmada I

“Beberapa waktu yang lalu kami melakukan kegiatan penanaman di sekitar wilayah Menumbing. Jadi saya tidak ingin terjadi sesuatu yang kontradiktif. Satu sisi kita menanam,┬ádi sisi lain ada kegiatan pertambangan ilegal kita biarkan, sehingga saya menyempatkan diri datang ke tempat ini” jelasnya.

Di tempat itu, Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin melihat situasi secara langsung. Di kawasan tersebut memang terdapat kawasan Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah yang resmi, namun sebagian ada kegiatan penambangan tidak resmi. Melihat hal ini, Pj Gubernur berharap para penambang ilegal ini harus memiliki legalitas sesuai dengan Surat Perintah Kerja (SPK) PT Timah.

Baca juga  Pj Gubernur Suganda: Integritas Adalah Modal Dasar Bekerja

“Saya sudah ketemu sama pelakunya, melakukan pembinaan, dan sudah melakukan pembicaraan, supaya kegiatan mereka yang legal sesuai dengan SPK PT Timah saja, di luar itu jangan” katanya.

Tak hanya mendapati para penambang ilegal, di tempat itu Pj Gubernur Ridwan juga melihat sejumlah alat berat yang digunakan oleh para penambang. Menurutnya, penyewaan jasa alat berat memang merupakan bisnis yang bagus, namun sebagai bagian dari pembinaan, Ridwan berharap agar bisnis itu digunakan untuk kegiatan yang legal.

Baca juga  Sekda Kota Pangkalpinang Gelar Pertemuan Rekonsiliasi Data KRS Tingkat Kota Pangkalpinang

“Alhamdulillah mereka adalah pengusaha-pengusaha muda. Saya masih punya harapan untuk mereka, agar melakukan kegiatan bisnisnya secara baik di masa depan” katanya.

Tak hanya di kawasan menumbing, Pj Gubernur Ridwan bersama tim, juga melakukan kegiatan yang sama di Kawasan Tanjung Ular.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *