Optimalkan Energi Terbarukan, Pemprov Kep Babel Raih Penghargaan

KUPASONLINE.COM- – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep. Babel) berhasil menyabet penghargaan pada ajang Anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) 2022. Kali ini, Pemprov Kep. Babel meraih penghargaan atas keberhasilannya dalam mengoptimalkan penggunaan energi baru terbarukan di Bumi Serumpun Sebalai.

Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Pemprov Kep. Babel melaksanakan praktik efisiensi dan konservasi energi, demi mencapai target penurunan emisi. Anugerah DEN sendiri merupakan bentuk apresiasi kepada daerah yang telah menyusun, dan mengimplementasikan rencana umum energi daerah.

Bacaan Lainnya
Baca juga  PJ Safrizal: Pelayanan Publik Harus Direformasi untuk Capai Tujuan Kepuasan Masyarakat

Pj Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin, yang hadir langsung untuk menerima penghargaan tersebut mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan kepada Pemprov Kep. Babel.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Kami di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan penghargaan karena berhasil dalam optimalisasi energi baru terbarukan,” ujarnya di Auditorium Binakarna Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta, Jumat (21/10).

Menurutnya, Pemprov Kep. Babel sudah menerapkan penggunaan energi baru terbarukan sejak diberlakukannya Peraturan Daerah (Perda) Prov Kep. Babel Nomor 13 Tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah Tahun 2019-2050.

Baca juga  Pj Gubernur Safrizal Pimpin Upacara Peringatan HUT Basarnas ke-52

“Hingga sejauh ini sudah 17,2 persen kami terapkan penggunaan energi baru terbarukan. Dalam komposisi 17,2 persen itu, 65 persennya dari biomassa kelapa sawit,” jelasnya.

Ia pun terus berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan energi baru terbarukan, sebagai upaya memitigasi perubahan iklim dengan menurunkan emisi karbon, namun dengan tetap menjaga ketahanan energi.

Pada acara tersebut, DEN memberikan penghargaan kepada Daerah tercepat penyelesaian Perda RUED. Selain itu, DEN juga memberikan penghargaan kepada daerah yang terbaik dalam implementasi Perda Rencana Umum Energi Daerah.

Baca juga  Walikota Pangkalpinang Hadiri Acara Festival DMI Muslimah Tahun 1444 M

Lebih dari itu, DEN memberikan penghargaan kepada daerah yang mengoptimalkan penggunaan energi baru terbarukan. Terakhir, DEN memberikan penghargaan kepada daerah yang melaksanakan transisi energi.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *