Safrizal Zakaria Ali, Pj Gubernur Babel, Siap Turunkan Stunting

KUPASONLINE.COM – Dalam sebuah seremoni yang penuh khidmat, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengangkat Safrizal Zakaria Ali sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Senin 13 November 2023.

Pelantikan tersebut, bersamaan dengan Pj Gubernur Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai, berlangsung di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.

Bacaan Lainnya

Seiring dengan nyanyian lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang Perpanjangan Masa Jabatan, Pemberhentian, dan Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Mendagri Tito secara khusyuk membimbing pengucapan sumpah jabatan oleh Pj Gubernur Safrizal.

“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, negara dan bangsa,” ucap Pj Gubernur Safrizal dengan tegas, sesaat setelah mengucapkan sumpahnya.

Usai pelantikan, Safrizal Zakaria Ali, dengan penuh tekad, menyatakan komitmennya untuk melaksanakan amanah baru yang diembannya.

Pria yang menjadi orang nomor satu di Bumi Serumpun Sebalai ini menegaskan bahwa akan berupaya melakukan yang terbaik, dengan fokus utama pada pengendalian inflasi di Babel.

“Pagi tadi saya mengikuti rapat inflasi, dan Babel masih termasuk dalam lima besar yang inflasinya tinggi. Nanti kita akan lakukan identifikasi dan berkolaborasi dengan semua pihak untuk menurunkan inflasi ini,” jelasnya, menunjukkan keseriusan dalam menangani isu ekonomi tersebut.

Dalam menghadapi tantangan dan tugas barunya, Pj Gubernur Safrizal merinci sejumlah program penting yang menjadi perhatiannya, sejalan dengan arahan Mendagri. Mulai dari pengentasan stunting, penanggulangan kemiskinan ekstrim, hingga persiapan Pemilu 2024 yang harus berjalan dengan baik, serta masalah netralitas ASN dan isu lingkungan.

“Ini menjadi perhatian kita semua. Walaupun masa jabatan saya paling lama hanya satu tahun, namun kita akan berusaha untuk mewujudkan itu semua,” ujar Safrizal dengan penuh semangat.

Sebelum menjabat sebagai Pj Gubernur Babel, Safrizal Zakaria Ali telah memiliki pengalaman yang matang di lingkungan Kemendagri, terutama sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan sejak tahun 2020. Lulusan STPDN Jatinangor, pria ini melanjutkan studinya ke IIP dan meraih gelar Doktor di IPDN pada pertengahan 2019.

Pria kelahiran Aceh ini memulai karir di Kemendagri sejak tahun 2001, membangun jejaknya sebagai Kasi Aceh dan DKI Jakarta-Subdit Otonomi Khusus Ditjen Otda Depdagri.

Selama kariernya, Safrizal juga menangani sejumlah posisi strategis, termasuk Kepala Pusat Inovasi Daerah, Direktur Manajemen Bencana dan Kebakaran, serta pernah diamanahi sebagai Pj Gubernur Kalimantan Selatan pada tahun 2021.

Dengan dedikasi dan pengalaman yang dimiliki, Pj Gubernur Safrizal Zakaria Ali bersiap untuk membawa perubahan positif dan menyelesaikan tugas-tugasnya dengan penuh integritas dan kebijaksanaan.

Dalam setahun ke depan, Babel dapat mengharapkan kepemimpinan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan