Anjangsana ke Kantor SAR, Ini Bentuk Membina Keakraban

KUPASONLINE.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA melakukan kunjungan ke Kantor SAR (Search and Rescue) Pangkalpinang. Kepala Basarnas Pangkalpinang I Made Oka Astawa menerimanya langsung. Pada hari Jum’at, 24 November 2023.

Menurut Pj Gubernur Safrizal, anjangsana yang dilakukan siang ini dilakukan untuk meningkatkan keakraban dan koordinasi dengan instansi vertikal. Karena koordinasi fungsi penyelamatan di daerah diperlukan, seperti Basarnas, BPBD, Satpol PP, dan Pemadam Kebakaran.

Bacaan Lainnya

“Anjangsana ini dilakukan untuk mengakrabkan antara instansi vertikal dengan pemerintah daerah (pemda),” ujarnya.

Selain itu, orang nomor satu di Kep. Babel tersebut menyampaikan harapan bahwa kinerja penyelamatan di Kep. Babel akan ditingkatkan melalui keakraban, koordinasi, pemahaman, dan kerja sama.

Selama wawancara singkat dengan I Made Oka Astawa, Kepala Basarnas Pangkalpinang, dia bertanya tentang banyak hal, termasuk kebakaran hutan, peristiwa yang sering terjadi yang melibatkan Tim Sar Pangkalpinang, dan apa yang dapat dibantu pemda untuk meningkatkan kinerja penyelamatan.

I Made Oka menjelaskan bahwa kecelakaan kapal nelayan dengan kapal besar adalah insiden yang sering terjadi di Kep Babel. Ini karena laut bangka adalah Jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

“Untuk insiden yang sering terjadi itu insiden kecelakaan kapal nelayan pak. Terus yang kedua, insiden tenggelam. Setelahnya, ada juga insiden diterkam buaya, karena memang di Kep. Babel ini banyak kolong (danau bekas tambang timah) yang terhubung dengan laut ataupun sungai,” kata I Made Oka.

Mendengar hal tersebut, Pj Gubernur Safrizal ZA, meminta untuk memperkuat koordinasi antar instansi, serta membuat keputusan terbaik untuk masyarakat.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan