Pj Gubernur Babel: Inovasi Pertaniam Jadi Kunci Pengendali Inflasi

KUPASONLINE.COM – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA secara resmi membuka Rakor Koordinasi Daerah Badan Pusat Statistik (BPS) Sensus Pertanian untuk semua Provinsi, Kabupaten, dan Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Di Sheraton Belitung Resort, Kecamatan Sijuk, Senin 27 November 2023.

“Dalam era disrupsi dengan perkembangan yang serba cepat dan dinamis, visi jangka panjang menjadi kunci untuk pembangunan yang berkelanjutan,” kata Pj Gubernur Safrizal dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

Di tengah tantangan yang dihadapi, seperti kekurangan air dan fenomena cuaca El Niño, yang dikhawatirkan akan memengaruhi produksi hasil panen padi, inflasi bahan pangan, khususnya beras, masih menjadi masalah yang terus-menerus, terutama di Provinsi Bangka Belitung.

“Saat ini kita sedang menggalakkan kepada para petani supaya melakukan beragam inovasi dalam mengelola pertanian serta melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi lahan sehingga dapat memperkecil rasio defisit pangan, lebih jauh kita dapat berswsembada sehingga inflasi dapat terkendali, kuat pula ketahanan pangan kita” ujar Safrizal.

Dikatakan bahwa Pj Gubernur Safrizal masih dapat memanen meskipun saat ini kekurangan air. Hasil survei kerangka sampel area (KSA) BPS menunjukkan bahwa luas panen padi di Provinsi Kep. Babel pada tahun 2023 adalah sekitar 15,41 hektar. Produksi total padi pada tahun 2023 diperkirakan 65,50 ribu ton gabah kering giling, naik 6,64 persen dari produksi padi pada tahun 2022.

“Saat ini kita sedang menggalakkan kepada para petani supaya dapat melakukan beragam inovasi dalam mengelola pertanian serta melakukan alih fungsi lahan dalam pemanfaatan lahan yang ada, agar berhasil menghadapi tantangan saat ini,” tutur Pj. Gubernur Safrizal.

Selain itu, dia berharap masyarakat dapat memanfaatkan potensi pertanian untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan mencukupi kesediaan untuk mengalihfungsikan lahan untuk pertanian.

Salah satu acara yang diselenggarakan oleh BPS Provinsi Kep. Babel adalah penampilan Tari Dayang Kepo, yang menunjukkan semangat kolektif.

Bupati Belitung Sahani Saleh, Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga, dan sejumlah pejabat struktural dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel hadir dalam acara tersebut.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan