Ini Dia Cara Bangun Bisnis dari Nol! Coba Cara Sebelum Memulai Usaha!

Again, kata kunci dari bisnis itu yang kedua adalah mencari profit. Unit Economics, atau bahasa simple-nya mungkin ada orang yang bilang Harga Modal.

Mau bentuknya barang atau jasa. Misalnya kita ngejual makanan seharaga 10 ribu, kita harus pastiin harga modalnya itu di bawah 10 ribu. Misalnya 5 ribu, misalnya 4 ribu.

Bacaan Lainnya

Nah Unit Economics ini yang nantinya menentukan ke depannya itu bisnis kalian tuh bisa profitable, bisa gede atau nggak.

Contohnya kalau misalnya kita ngejual makanan seharga 100 ribu, terus modalnya tuh 40 ribu.

Nah bahasa kasarnya makanan itu punya 40% COGS atau (Cost of Goods Source), harga yang harus dibayar untuk menjual barang itu.

Kenapa Unit Economics ini penting? mungkin kita bisa dengan gampang- ini kita mau jual barang harganya 10 ribu, modalnya 8 ribu, untung 2 ribu, okelah gitu nanti kita jual 100-200.

Unit Economics ini ngenbantu kita untuk punya ruang bermain.

Seandainya kita punya barang, kalau modalnya misalnya 40%, nanti kita bisa alokasi ke depannya, 20% itu nanti buat operation, atau bayar orang, 20% itu digunain untuk marketing, 20% itu digunain untuk apa.

Nah rincian dari breakdown product ini sebenarnya itu yang di perhatiin dari Unit Economics.

Even dari pertama ngebangun Ternak Uang, dia tuh pastiin kalau misalnya kita jual kayak gini, apasih cost-costnya?

Biar kita tuh ada ruang buat grow. Kita bisa taruh 30% buat marketing, buat grow. Kalau misalnya margin-nya tuh udah tipis banget, biasanya tuh udah susah buat company kita bisa grow.

Nah sebenarnya itu singkat tentang produk. Kita siapin produk mau barang atau jasa, tentuin Unit Economics.

2. Markeing

Step 2 adalah Marketing. Marketing itu basically kita ngejual, bener nggak? Ini aspek krusial kalau di early stage business atau bisnis yang baru mulai.

Menurut dia, marketing tuh lebih penting daripada produk. Karena di saat kita menjual, kita langsung dapat feedback dari customer.

Misalnya kita ngejual sesuatu seharga 50 ribu, nanti customer bilang ke kita, “Oh ini produknya bagus, gue bakal beli lagi atau gue gak bakal beli lagi.”

Dan itu sebenarnya yang paling berharga buat kita improve product kita. Karena bisa aja kita mikir kayak produknya tuh bagusnya di sini, kira-kira customer butuh ini.

Tapi yang paling relevan adalah kalau customer yang bilang sendiri ke kita, “Kita butuh ini”.

Sebenarnya di video sebelumnya, gue udah bahas Marketing itu ada dua basically: Inbound sama Outbound.

Pos terkait