Ini Dia Cara Bangun Bisnis dari Nol! Coba Cara Sebelum Memulai Usaha!

Inbound itu kayak kalian buka Store Front. Kalian buka social media, kalian ngelakuin advertising, kalian pake brosur dan lain-lainnya. Outbound itu kalian yang contact.

Misalnya kalian udah bikin bisnis makanan nih, kalian contact teman kalian “eh mau beli nggak?”

Bacaan Lainnya

Jadi kita kejar mereka untuk beli produk kita. Mungkin di video lain bisa bahas lebih detail tentang product and marketing.

3. Operations

Tapi step ketiga dari bisnis adalah Operations. Setelah kita udah tahu kita mau jual produk apa, kita mau, gimana cara jualnya. Yang ketiga tuh, operation.

Gimana cara kita maintain atau biarkan bisnis ini beroperasi. Satu kata kunci yang paling penting di sini adalah pas kita ngebangun bisnis, tadi kan salah satu definisinya adalah organisasi.

Pastikan tuh kalian nggak berjalan sendiri. Pastikan setiap ada proses membuat produk atau misalnya menjual produk, kalian tuh mikirnya gimana cara bikin ini sistem.

Kalau misalnya di awal-awal gak ada modal buat hire orang, gak masalah, tapi kita harus selalu punya mindset “Bisnis itu organisasi yang mencari profit dengan menjual barang”.

Dan operation ini yang harus ditanemin untuk orang yang baru memulai bisnis atau bahkan udah 1-2 tahun.

Karena kita bisa dengan gampang terjebak di loop kita bakal kerja sendiri-kerja sendiri, akhirnya bisnisnya gak grow.

Karena ini yang bisa menentukan potensi kita ngembangin bisnis kita bisa sampai di mana.

Sebagai business owner, punya rule untuk gak mau spend 80% dari waktu untuk operation.

Kalau misalnya ada hal-hal yang bisa hire orang, atau bikin proses atau bikin itu automate untuk ngejalanin bisnis, bakal hire.

Pos terkait