Trik Marketing yang Semua Orang Mempunyai Usaha Wajib Tahu!

Trik Marketing yang Semua Orang Mempunyai Usaha Wajib Tahu! (Foto:Yt Raymond Chin)
Trik Marketing yang Semua Orang Mempunyai Usaha Wajib Tahu! (Foto:Yt Raymond Chin)

Sesuai ga dengan pain points yang lagi customer cari? Kalo di corongnya, consideration itu lebih kecil dari awareness.

Karena realistis aja—dari 100 orang yang kalian kasih liatin brand-nya—mungkin 60 yang cocok dan 40 baca-baca lebih detail lagi. Dan dua ini ga boleh disamain strateginya.

Bacaan Lainnya

Sesimpel misalnya awareness itu Instagram page kalian, kasih value terus, bikin konten-konten bermanfaat. Consideration tuh mereka ke website atau e-commerce kalian, mulai liat produknya ada apa, harganya cocok apa engga.

3. Conversion conversion

Sebenarnya baru ke step 3, Step 3 – Conversion conversion. Yaitu orang beli. Nah conversion ini bisa banyak caranya.

Sesimpel kalo mereka liat dari e-commerce, mereka tinggal masukin keranjang. Untuk senggol lagi biar mereka makin mau beli, ada promonya.

Atau sekarang yang lagi rame itu kalo misalnya orang masukin ke WhatsApp.

Misalnya kalian ketemu ads, dia udah liat 2 kali, kalian retargeting orang yang udah liat 2 kali—kalian kasih ads yang berbeda, yaitu ads produknya.

Dia udah tertarik, dia pencet button itu. Bukannya ke website, tapi dia langsung ke CS. Ini gw sendiri udah coba pake WhatsApp business.

Sebelumnya JadiHacker—orang ke website suruh mereka mikir sendiri, liat informasinya cocok ga buat mereka. Tapi kalo lewat CS atau WhatsApp business, kita bisa tau customer-nya nanya apa.

Apa sih yang sebenernya bikin mereka ragu untuk beli? Dan menurut survei, bisnis kalian bisa naik sampe 68% penjualannya. Conversion-nya naik 40%. Sebenarnya buat semua bisnis mau service atau goods, gw saranin banget kalian coba pake CS.

Itu bisa ningkatin conversion rate kalian banget. Jadi kalo misalnya kalian ads dari Facebook misalnya—meta ads ini kalian bisa pilih untuk CTA-nya langsung ke WhatsApp business.

Orang yang liat ads atau hasil retargeting—kalo pencet langsung chat ke CS kalian. Tinggal pilih campaign objective-nya engagement. Jangan lupa connect WhatsApp business ke Facebook page.

Atau kalo ga ada pilihan engagement, kalian bisa pilih get more WhatsApp messages. Nah di sana kalian bisa edit greetings buat customer. Jadi kalo nanya bisa kirim message otomatis dan bisa nulis sendiri message-nya apa.

Kalo mau bikin ada pilihan pertanyaan bisa juga. Jadi kalo mereka bingung mau nanya apa, udah disiapin beberapa.

So, tinggal make sure CS kalian tuh stand by di HP dan tungguin reply dari customer. Terus sisanya kalian tinggal lanjutin doang. Itu simpel banget. Kalo kalian mau belajar lebih lanjut, link-nya ada di description.

Nah tapi yang disayangin banget, Orang habis conversion, beres. Oke udah beli, gue udah happy. Itu gak cukup. Sayang customer yang udah beli. Kalian mau mereka beli lagi, beli lagi, beli lagi.

Pos terkait