PT Timah Gelar Pelatihan Ecoprint untuk Pelajar, Dorong Kreativitas dan Kewirausahaan Berbasis Lingkungan

BABELKUPASONLINE.COM – Dalam upaya mendukung pembelajaran berbasis lingkungan dan pemberdayaan generasi muda, PT Timah menggelar pelatihan Ecoprint bertema “Upaya Membangun Kreativitas dan Kewirausahaan Siswa Berbasis Lingkungan”. Acara yang diadakan di Gedung Serba Guna Asrama Pemali Boarding School ini, diikuti oleh 72 siswa pada Sabtu (10/8/2024).

Program pelatihan ini merupakan hasil kolaborasi PT Timah dengan V-Print, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat kerajinan batik berbasis lingkungan. Para peserta antusias mempraktikkan teknik Ecoprint dengan menggunakan dedaunan untuk menciptakan motif batik yang unik.

Bacaan Lainnya

Reza Dwi Ariyanto, salah satu peserta dari kelas XI, mengungkapkan bahwa pelatihan ini memberikan wawasan baru mengenai pemanfaatan bahan-bahan ramah lingkungan dalam pembuatan batik. “Saya belajar bagaimana membuat Ecoprint dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti dedaunan. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas dan dapat menjadi peluang usaha yang ramah lingkungan,” ujar Reza.

Menurutnya, pelatihan ini membuka peluang usaha dengan produk yang ramah lingkungan, mudah dibuat, dan setiap hasilnya memiliki corak yang berbeda, sehingga memiliki daya saing yang tinggi. “Saya berharap PT Timah terus mengadakan pelatihan seperti ini karena banyak manfaatnya dalam melestarikan alam dan mengurangi penggunaan bahan yang tidak ramah lingkungan,” tambahnya.

Muhamad Revaldi Rahman, peserta lainnya, menilai pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mengajarkan cara menciptakan karya yang tidak hanya indah tetapi juga ramah lingkungan. “Saya belajar bahwa keindahan tidak selalu harus menggunakan bahan kimia, melainkan bisa memanfaatkan bahan alami seperti dedaunan. Proses pembuatan Ecoprint ini unik dan mudah dipraktikkan, tetapi memiliki nilai jual yang tinggi,” kata Revaldi.

Revaldi berharap PT Timah akan terus mengadakan kegiatan serupa, yang tidak hanya dapat mengubah pola pikir anak muda tetapi juga mengembangkan kreativitas mereka dalam bidang kewirausahaan. “Kegiatan seperti ini sangat membantu dalam mengubah pola pikir anak muda dan memperluas wawasan mereka mengenai peluang usaha yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Dengan pelatihan ini, PT Timah berharap dapat membekali siswa dengan keterampilan yang bermanfaat dan mendukung penciptaan produk-produk yang berwawasan lingkungan serta berpotensi untuk dikembangkan di masa depan.(*)

Baca berita terkait Bangka Belitung lainnya di Google News

Pos terkait