Dorong Pelajar dan Mahasiswa Bangka Belitung Raih Beasiswa

KUPASONLINE.COM – Ingin Sumber Daya Manusia (SDM) Bangka Belitung memiliki daya saing worldwide, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, undang Direktur Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Dwi Larso, untuk memotivasi dan menyosialisasi program LPDP yang memfasilitasi beasiswa baik di dalam maupun luar negeri.

“Tugas saya sebagai bagian dari pemerintah adalah membukakan peluang bagi kalian untuk melihat dunia dan bersaing secara worldwide. Di luar sana, kalian harus berani tampil dan jangan pernah ragu bahwa anak muda Bangka Belitung ini bisa,” ujarnya memotivasi pelajar dan mahasiswa yang hadir baik secara _offline& maupun _online_ pada Seminar Beasiswa _Exchanges_ “SDM Bangka Belitung Mengglobal”, bersama LPDP di Ruang Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Senin (27/6/2022).

Dikatakannya, manusia dilahirkan dan diberikan bekal yang sama oleh Allah SWT. Bekal inilah yang harus dimanfaatkan oleh anak muda Bangka Belitung.

“Langkah pertama, kalian harus meruntuhkan tembok penghalang, buang jauh rasa minder, tidak berani, tidak percaya diri, dan merasa orang lain lebih hebat. Jangan pernah merasa kita kalah dari anak muda kota besar. Di sini tadi sudah kita saksikan bagaimana tiga orang anak muda Bangka Belitung mampu bersaing dan berhasil mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat,” tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kunci sukses tidak hanya dari pendidikan akademis saja, namun harus diimbangi dengan pendidikan karakter.

“Pintar secara akademis tidaklah cukup, tapi milikilah karakter yang kuat dengan meningkatkan _softskill_. Belajarlah di luar apa yang diajarkan di ruang kelas,” pesannya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini anak muda Bangka Belitung termotivasi dan memiliki informasi serta peluang yang lebih besar untuk meraih beasiswa di kampus ternama dunia.

“Bertarunglah! Kalian bisa, semoga setelah ini saya tidak melihat kalian di sini, tapi sudah tersebar ke seluruh dunia,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso mengatakan peluang beasiswa bagi masyarakat Indonesia saat ini cukup besar.

“Pemerintah saat ini menyediakan dana cukup besar untuk meningkatkan SDM bangsa, yang dananya meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2020, dana yang dikelola pemerintah ada sekitar 50 T, dan sekarang sudah ada 120 T. Itulah dana yang disisihkan bangsa ini untuk mendidik SDM kita,” ungkapnya.

Dana ini lanjutnya, merupakan bukti sekaligus komitmen pemerintah agar SDM kita mampu mengelola dan meningkatkan nilai Sumber Daya Alam (SDA) bangsa.

“SDA tanpa SDM, ya kita akan kembali seperti dulu. Kita menjual bahan baku mentah ke luar negeri, kita tidak memiliki nilai tambah. Untuk itulah saat ini pemerintah menggelontorkan dana yang besar,” lanjutnya.

Kemudian, dirinya juga menjelaskan bahwa tahun ini akan ada 10.000 beasiswa yang disiapkan untuk putra putri terbaik bangsa.

“Yang baru kita rekrut dari LPDP saja ada 4.000 mahasiswa S2 dan S3, ditambah lagi 4.000 beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) untuk dosen dan master yang dananya dari LPDP. Kemudian, dari Kementerian Agama (Kemenag) sebanyak 2.000 beasiswa. Jadi anda lihat seberapa masifnya kita,” ujarnya.

Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso berharap peserta beasiswa dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meningkat setiap tahunnya.

“Oleh karenanya, untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kita akan melakukan sosialisasi beasiswa LPDP secara masif agar pesertanya tiap tahun meningkat. Tidak hanya itu, sejak tahun 2021, kami juga telah menyiapkan beasiswa S1 melalui Kemendikbud,” jelasnya.

“Masih banyak program belajar baik itu beasiswa maupun pertukaran pelajar hingga ke luar negeri. Untuk itu, kami minta agar nanti Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat bekerjasama dengan kami,” katanya.

Di akhir kegiatan, dirinya berpesan agar anak muda Bangka Belitung dapat memanfaatkan peluang beasiswa tersebut.

“Jadi tolong dimanfaatkan. Karena pengalaman sekolah di luar daerah tidak hanya untuk mendapatkan _knowledge_, tapi juga mengasah _skill_ dan _attitude_, “pungkasnya.

Saat kegiatan, peserta juga mendapatkan motivasi dari Ibu Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Sri Utami Soedarsono. Tidak hanya itu, peserta juga mendapat informasi, tips dan trik jitu untuk meraih beasiswa dari graduated class LPDP, _Community College Initiative_ (CCI), dan juga dari Ruang Guru.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *