Walikota Pangkalpinang Maulana Aklil Hadiri Pelepasan Calon Jemaah Haji Asal Pangkalpinang

KUPASONLINE.COM – Walikota Pangkalpinang, Maulana Aklil (Molen) menghadiri pelepasan calon jemaah haji (calhaj) asal Pangkalpinang di Masjid Jamik, Senin (27/6/2022).

Walikota Molen mengatakan, hari ini kita melepas 111 orang calhaj dari Kota Pangkalpinang, kita berdoa biar mereka disana pergi nya dalam keadaan sehat dan pulangnya menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

“Kita juga minta doanya kepada mereka semua, agar Kota Pangkalpinang terus semakin berkah dan pemimpinnya disini bermanfaat untuk masyarakat,” harap Molen.

Untuk masalah keberangkatan calon jema’ah haji dibatasi 50 persen, itu sudah menjadi kebijakan dari Saudi Arabia yang bertujuan agar pelaksanaan Haji tahun ini lebih aman, nyaman dengan kondisi Covid-19 ini. “Kita bersyukur walaupun sedikit, tetapi bisa diberangkatkan dari Kota Pangkalpinang,” katanya.

Disamping itu, Molen juga memberikan uang saku sebesar Rp.1juta kepada setiap calon jemaah haji, dimana uang tersebut diberikan secara pribadinya sendiri untuk para calon jemaah haji Kota Pangkalpinang.

“Semoga uang tersebut bermanfaat, bisa digunakan untuk beraktifitas atau keperluan bagi para calon jema’ah haji selama di Arab Saudi,” katanya.

Kepala Kemenag Pangkalpinang, H. Firmantasi Sag MH mengatakan calhaj asal Pangkalpinang diantar ke asrama haji dan besok ditempatkan di Palembang dan pergantian pesawat Saudi Airline langsung menuju Jeddah.

“Untuk Pangkalpinang dari 486 jamaah haji tingkat provinsi, Pangkalpinang mendapat 111 yang siap di berangkatkan pada hari ini masuk asrama,” katanya.

Dikatakan H Firmantasi, untuk tahun ini usia yang withering tinggi 65 tahun sebagaimana diatur oleh kebijakan pemerintah Saudi Arabia.

“Jadi usia withering tua 65 tahun mulai per 1 Juli 2022. Artinya jika usia diatas 65 tahun yaitu 66,67 tahun dan seterusnya mereka belum bisa di berangkatkan tahun ini,” ujarnya.

Namun calhaj yang belum bisa berangkat tahun ini, customized structure H Firmantasi, Insya Allah di tahun depan dengan crown yang mulai reda seperti biasa kuota yang diberikan Saudi Arabia sampai 200 juta orang dari seluruh negera bisa pergi haji.

“Sementara calhaj yang berangkat haji tahun ini, pemda bisa mengantarkan kewajiban sampai asrama. Selebihnya sudah ada panitia/petugas haji yang melayani mereka mulai dari dokter dan klinik ibadah. Harapan kami dari Kemenag semoga calhaj menjalankan ibadah dengan sebaik baiknya dengan rukun dan sunahnya, sehingga menjadi haji mabrur,” pungkasnya(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *