Perumahan Taman Surya Kampak Tergenang Air, Ini Pesan dari Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady

KUPASONLINE.COM–Hujan beberapa jam yang mengguyur kota Pangkalpinang, Kamis (8/12/2022) sore kemarin, membuat beberapa rumah di perumahan Taman Surya Kampak, Kelurahan Bukit Merapi Kecamatan Gerunggang kota Pangkalpinang tergenang air.

Ketinggian air mencapai lutut kaki orang dewasa, akibat debit air hujan yang besar dan saluran drainase yang kecil, diduga menjadi pemicu terjadinya genangan air.

Bacaan Lainnya

Terkait adanya laporan warga, Anggota Komisi I DPRD kota Pangkalpinang Rio Setiady mengatakan, kita tentu berharap permasalahan ini dapat segera selesai dan tidak ada lagi hal serupa yang terjadi di Kota Pangkalpinang terutama di Perumahan Taman Surya, memang ada beberapa hal yang perlu kita selesaikan, salah satunya adalah terkait dengan transisi aset dari Developer ke Pemerintah Kota yang sampai hari ini belum ada titik temu.

“Salah satunya pihak Developer yang menyerahkan aset ke Pemkot, itu bisa jadi sebuah solusi untuk membantu penyelesaian antisipasi banjir di perumahan,” ujar Rio ke awak media melalui pesan singkat WA, Jumat (9/12/22), seperti yang dilansir dari salah satu media online Babel.

Lebih lanjut ia juga menambahkan, waktu dulu kami pernah berkunjung kesana dan memang melihat ada beberapa drainase yang perlu segera diselesaikan atau diperbaiki, namun ini tidak dapat dilakukan oleh Pemerintah Kota, dikarenakan kepemilikan lahan masih ada pada Developer.

“Maka dari itu, kami mendorong masyarakat dan pihak Developer agar dapat segera menyelesaikan masalah transisi aset ini, supaya dapat segera diambil alih oleh Pemkot dan dianggarkan di APBD,” ungkapnya.

Rio juga berpesan kepada pihak Developer yang hari ini ada di Kota Pangkalpinang, agar perubahan yang dibangun dapat mematuhi peraturan yang ada dan mentaati kaidah-kaidah dalam pembangunan aset, karena Pemkot tidak mungkin membangun di atas tanah yang bukan milik Pemerintah Kota.

“Kami berharap ada solusi yang dapat diberikan oleh Developer dan dibantu oleh Pemerintah Kota, sehingga banjir seperti kemarin tidak terjadi lagi dan tidak menjadi ancaman bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Perumahan Taman Surya,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *