Pj Gubernur Ridwan Tinjau Aktivitas Pelabuhan Tanjung Kalian Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023

KUPASONLINE.COM– Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin bersama Forkopimda meninjau aktivitas Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok selama libur Natal dan Tahun Baru, Jumat (30/12/2022).

Sebagaimana diketahui selama libur Natal dan Tahun Baru Aktivitas Pelabuhan Tanjung Kalian, baik itu penyebrangan maupun bongkar muat mengalami peningkatan dari hari biasanya.

Bacaan Lainnya

Pj. Gubernur Ridwan mengucapkan terimakasih kepada ASDP serta semua pihak sehingga pengguna jasa penyebrangan Pelabuhan Tanjung Kalian mendapatkan pelayanan yang baik.

“Sejauh ini pelayanan pelabuhan semakin baik dan semakin meningkat, antara lain pelayanan digital maupun fasilitas umum. Saya lihat aktivitas juga sudah semakin tertib,” ujarnya.

Baca juga  Tim Hadang Putri DPRD Pangkalpinang Ikut Partisipasi Lestarikan Olahraga Tradisional¬†

Dirinya juga berharap agar terus dilakukan perbaikan maupun kelengkapan sarana dan prasarana mengingat lonjakan juga akan terjadi pada saat Idul Fitri nanti.

“Kedepan kita upayakan untuk menambah _bufferzone_ supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan yang pada akhirnya mengganggu kelancaran operasional. Dan untuk _bufferzone_ ini nantinya supaya bisa ditata misalnya menjadi _rest area_ agar calon penumpang merasa nyaman dan tertib sembari antri naik ke kapal,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Pj Gubernur Ridwan mengingatkan agar semua pihak untuk waspada mengingat prakiraan cuaca yang dirilis BMKG beberapa hari ini kurang bersahabat.

“Kita harus waspada karena ada potensi gelombang tinggi antara 0,5-3 meter di beberapa lokasi. Untuk itu, saya harap teman teman di ASDP untuk terus berkoordinasi dengan BMKG dan SOP keselamatan untuk diterapkan,”ujarnya.

Baca juga  Molen Apresiasi Bimtek Imam Masjid dan Khatib Bawa Hal Positif

Sementara GM ASDP Muntok, Christopher Samosir mengatakan pelayanan selama peningkatan aktivitas ini masih aman dan terkendali.

“Walaupun dibandingkan dengan Nataru sebelumnya untuk operasi kapal naik 8%, produksi trip 7% sedangkan untuk penunpang baik itu pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan mengalami kenaikan 83%,” ungkapnya.

Lebih lanjut, antisipasi peningkatan aktivitas ini dikatakannya sudah dilakukan.
Bersama pemprov, pemda serta stakeholder sudah pihaknya telah melakukan langkah strategis dengan tujuan memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jasa pelabuhan yang melakukan perjalanan mudik dan perjalanan balik Natal dan Tahun Baru 2023 dengan Aman, Nyaman, Lancar dan Selamat,” ujarnya.

Adapun beberapa langkah yang telah dilakukan yakni:
1. Menyediakan bufferzone dengan kapasitas lebih kurang untuk 200 kendaraan.
2. Melakukan perluasan lahan parkir kendaraan siap muat lebih kurang 25 unit.
3. Adanya replacement kapal yang lebih besar 1 unit.
4. Pembelian tiket secara elektronik.
5. Telah di implementasikannya zonasi pelabuhan.

Baca juga  PJ Gubernur Ridwan Hadiri Pengukuhan Faturachman Sebagai Kepala Perwakilan BI Babel

Sementara untuk aspek keamanan, kesehatan serta keselamatan diakuinya pihaknya mendapat dukungan penuh dari TNI/Polri, Dinas Kesehatan, Basarnas, BPBD dan instansi terkait lainya.

Kegiatan kemudian diakhiri dengan peninjauan langsung ke area pemberangkatan kapal. Pj. Gubernur Ridwan juga sempat berbincang dengan beberapa pengemudi kendaraan pengangkut barang yang sedang mengantri masuki kapal.

Turut hadir dalam kegiatan Kapolda Kep. Babel, Bupati dan Wakil Bupati Kab. Bangka Barat, Kasrem, Danpos AL Muntok, Plt Kejati, serta perwakilan dari PT. Timah Tbk, dan instansi terkait lainnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *