PT. Timah Unggulkan Puluhan Produk Mitra Binaan Dalam Bazar UMKM 2023 Yang digelar Kementerian ESDM

Teks Foto:PT. Timah Unggulkan Puluhan Produk Mitra Binaan Dalam Bazar UMKM 2023 Yang digelar Kementerian ESDM(Foto Humas)
Teks Foto:PT. Timah Unggulkan Puluhan Produk Mitra Binaan Dalam Bazar UMKM 2023 Yang digelar Kementerian ESDM(Foto Humas)

 

Teks Foto:PT. Timah Unggulkan Puluhan Produk Mitra Binaan Dalam Bazar UMKM 2023 Yang digelar Kementerian ESDM(Foto Humas)
Teks Foto:PT. Timah Unggulkan Puluhan Produk Mitra Binaan Dalam Bazar UMKM 2023 Yang digelar Kementerian ESDM (Foto Humas)

KUPASONLINE.COM– PT Timah Tbk Unggulkan puluhan produk mitra binaannya yang dipasarkan dalam Bazar UMKM 2023 bertajuk, ‘Sobat Energi Belanja UMKM’ yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Mineral (ESDM) yang dilaksanakan di Lapangan Futsal Kantor Sekretariat Jenderal ESDM, Jakarta pada Selasa-Kamis (4-6/4/2023).

Bacaan Lainnya

Anggota holding Industri Pertambangan MIND ID ini memboyong dua mitra binaannya untuk mempromosikan dan memasarkan produk pelaku UMKM dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar dikenal secara nasional.

Bazar UMKM 2023 ‘Sobat Energi Belanja UMKM’ ini merupakan aksi nyata dari Kementerian ESDM untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Baca juga  Bangun Pabrik Hilirisasi Kuarsa di Belitung, Investor Tiongkok Siap Kucurkan 7 Miliar Dolar AS

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, Kementerian ESDM menjadi bagian dalam penciptaan Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) sehingga harus mengambil peran dalam mendukung gerakan ini melalui upaya memajukan pelaku industri UMKM.

“Pemerintah saat ini terus mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri, salah satunya dengan mencanangkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah diluncurkan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Jadi pada hari ini, kita, Kementerian ESDM mengadakan kegiatan bazar yang mengusung tema Sobat Energi Belanja UMKM”, kata Arifin.

Arifin mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor melemahnya kegiatan ekonomi di tanah air. Dengan adanya kegiatan bazar ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi meningkatkan dan memajukan UMKM.

“Bazar ini diharapkan menjadi salah satu sarana dan wadah bersama dalam upaya meningkatkan dan memasarkan produk-produk UMKM, dengan melibatkan peran Dharma Wanita Persatuan KESDM melalui binaan kewirausahaan UMKM-nya,” ungkapnya.

Baca juga  Molen Paparkan Program Pemkot Pangkalpinang Di Hadapan Tim Visitasi Anugerah Tinarbuka

Ia melanjutkan, keterlibatan berbagai pemangku kepentingan pada pasar ini berperan memberikan kontribusi memajukan UMKM. Sehingga bisa memberikan dampak yang baik untuk mempromosikan beragam produk seperti sandang dan pangan, dengan berbagai macam aksesoris yang menarik bagi para pengunjung.

“Dan bertepatan dengan bulan Ramadhan 1444 H yang penuh berkah, kami harap para pengunjung dapat memaksimalkan berbelanja di bazar ini dan dapat berbagi dengan sesama serta memberikan manfaat bagi semua,” ungkap Arifin.

Dalam kesempatan ini, Arifin juga mengapresiasi perusahaan yang telah berperan untuk kemajuan UMKM di masing-masing wilayah.

“Kami berharap produk ini tidak hanya dikonsumsi di pasar lokal saja, tapi bisa mengusahakan produk ini berada di pasar internasional. Untuk itu, kegiatan pembinaan seperti kualitas, desain, ini perlu untuk terus dikembangkan,” ucapnya.

Baca juga  Molen: Wujud Nyata Toleransi, Enam Agama Wisuda Bareng pada Haflah Khotmil Qur'an dan Apresiasi Majelis Ilmu

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia PT Timah Tbk Yennita, mengungkapkan jika keterlibatan PT Timah dalam kegiatan ini merupakan komitmen perusahaan dalam memajukan UMKM.

“Kita terus berkomitmen agar mitra binaan UMKM kita bisa naik kelas. Ini adalah salah satu caranya, yakni dengan mengikut sertakan mereka dalam kegiatan bazar ataupun pameran seperti ini,” ucapnya.

Ia menyebutkan, dalam Bazar UMKM 2023 ‘Sobat Energi Belanja UMKM’ harus memboyong mitra binaan unggulan dari Bangka Belitung, untuk itu peringatan terus mendukung produk UMKM.

“Ada beberapa produk UMKM kita ini yang sudah masuk pasar luar negeri. Contohnya produk kerajinan tangan berupa anyaman dari Air Abik, yang sudah memikat customer dari Jepang,” katanya.

Kedepan, Ia berharap dengan adanya pembinaan dari PT Timah Tbk para mitra binaan yang merupakan unggulan UMKM ini bisa mandiri dan terus melanjutkan usaha mereka serta mengembangkan produk untuk bisa menembus pasar global. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *