Ribuan Masyarakat Pangkalpinang Hibur Dirinya Dengan Festival Pasir Padi, Mendirikan 3.500 Butir Telur

Ribuan Masyarakat Pangkalpinang Hibur Dirinya Dengan Festival Pasir Padi, Mendirikan 3.500 Butir Telur.
Ribuan Masyarakat Pangkalpinang Hibur Dirinya Dengan Festival Pasir Padi, Mendirikan 3.500 Butir Telur

KUPASONLINE.COM – Sekda Kota Pangkalpinang, Mie Go menghadiri acara Festival Pasir Padi yang digelar di Pantai Pasir Padi Kota Pangkalpinang, Kamis 22 Juni 2023..

Kegiatan Festival Pasir Pudi dihadiri Sekda Kota Pangkalpinang, Forkopimda Kota Pangkalpinang dan Ribuan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Sekda Kota Pangkalpinang, Mie Go mengatakan Wisata Pasir Pudikedatangan panitia Musium Rekor Indonesia.

“Dikawasan wisata pantai Pasir Padi sungguh bahagia kedatangan panitia Museum Rekor Indonesia atau MURI untuk menyaksikan telur didirikan dengan target sebanyak 2023 butir telur”, Ujar Mie Go, Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang dalam sambutan.

Ia juga menambahkan, di hari Peh Cun merupakan salah satu festival penting bagi masyarakat Tionghoa di Indonesia.

Menurutnya ini merupakan kolaborasi antara budaya Melayu dan Tionghoa. Diketahui merangkai telur seroja merupakan budaya masyarakat Melayu.

“Sekarang alhamdulillah ini menunjukkan kolaborasi sehingga Peh Cun bisa kita selenggarakan bersama-sama. Tanggal 22 Juni 2023 bertepatan dengan Hari Bakcang atau Peh Cun. Pasalnya, Peh Cun dirayakan setiap tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan Khongcu Lek”, ungkap Mie Go.

Mie Go menerangkan, terdapat tiga keunikan di hari Peh Cun yakni surutnya air pantai yang sangat jauh, terjadi fenomena telur bisa berdiri, dan air sumur gajian akan terasa dingin dan sejuk meski jam 12 siang.

Konon katanya Air sumur tersebut akan sangat segar jika digunakan untuk mandi.

“Ini dalam rangka mempromosikan Pantai Pasir Padi sebagai destinasi wisata, kita memberikan acuan kepada para pengunjung atau wisatawan baik di dalam negeri maupun mancanegara”, tukasnya.

Setelah diumumkan Panitia MURI bahwa Pangkalpinang berhasil memecah rekor bukan hanya Indonesia tetapi rekor dunia yang mampu mendirikan 3.500 butir telur.

Mie Go ungkapkan rasa syukurnya dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang.

“Alhamdulillah hari ini Pemerintah Kota Pangkalpinang telah resmi mendapat piagam penghargaan rekor MURI. Meski barusan kita berpanas-panasan alhamdulillah berhasil, bukan hanya rekor Indonesia tapi rekor dunia, target 2.023 butir tapi kita berhasil mendirikan 3.500 butir telur”, pungkasnya.

Leoni dan Katrin asal SMK Bakti Kota Pangkalpinang Menyampaikan kegiatan ini sangat seru, karena memadukan dua kebudayaan yang ada di Kota Pangkalpinang.

“Sangat seru ya, apalagi memadukan dua kebudayaan di Kota Pangkalpinang, kalo bisa dibuat lagi acara kayak gini biar semakin harmonis sebagaimana pribahasa Thong Ngin Fan Ngin Jit Jong”, kata Katrin saat diwawancarai.

Dean, siswa SD Negeri 46 Kota Pangkalpinang Menyebut kegiatan kali ini sangat seru bahkan dia mendapat banyak kenalan baru.

“Ku ikut lomba festival pasir padi, mendirikan telur dan merangkai telur seroja, acaranya seru, dapat kenalan-kenalan baru”, jawab Dean singkat.

Sunita, ibu-ibu pengunjung pantai Pasir Padi
Saat diwawancarai menyebut kedatangan dirinya untuk menemani anaknya mengikuti lomba merangkai telur seroja dan mendirikan telur. Baginya kegiatan seperti ini sangat bagus, ia menyebut tidak akan bosan g jika kegiatan serupa di selenggarakan kembali.

Selain itu festival ini juga dimeriahkan dengan Festival Barongsai, lomba merangkai Telur Seroja dan senam bersama di area Pantai Pasir Padi Kota Pangkalpinang.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *