PT Timah Tbk Dukung Kemajuan Wisata Pantai Serdang Melalui Sailing Cater Festival

KUPASONLINE.COM – Mendukung pengembangan wisata bahari di Belitung Timur, PT Timah Tbk juga mendukung kegiatan Lomba Festival Bahari Belitung Timur untuk Kater, di Pantai Serdang, Desa Baru, Kecamatan Manggar, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebanyak 21 kater tradisional mengikuti lomba kater tersebut. Mereka muncul dan menarik perhatian pengunjung Pantai Serdang, Sabtu 12 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilakukan Badan Politik dan Kesatuan Bangsa Kabupaten Belitung Timur ini memberikan dampak yang signifikan terhadap upaya pelestarian kater tradisional sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung ke Belitung Timur.

Kepala Kesbangpol Belitung Timur Yusmawandi mengatakan, ide festival kater melihat animo pengunjung yang datang ke Pantai Serdang.

Kemudian, berkoordinasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mempromosikan wisata pantai melalui festival kater.

“Pokdarwis setuju, maka kami mulai dengan membersihkan pantai,” kata Yusmawandi.

Menurut dia, berdasarkan hasil evaluasi mereka kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkala.

“Kalau katernya ada 100 kater, itu luar biasa dan dilakukan rutin pasti lebih baik,” jelasnya.

Yusmawandi juga mengapresiasi dukungan PT Timah Tbk dalam festival kater ini, karena tanpa dukungan PT Timah Tbk sulit terlaksana.

Alhamdulillah PT Timah Tbk mendapat dukungan untuk pelaksanaan operasional di lapangan, jelasnya.

Oleh karena itu, mereka berharap kedepannya PT Timah Tbk terus mendukung acara serupa, bahkan menjadi sponsor tunggal agar tidak hanya menjadi kompetisi catering saja nantinya. Pasalnya, kegiatan seperti ini sangat berdampak pada kemajuan pariwisata dari sektor bahari.

“Belitung Timur banyak potensinya sehingga wisata bahari ini harus dipromosikan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Serdang Berantai Toto Iswanto mengatakan, masyarakat sangat rindu dengan acara lomba katering tersebut. Karena sudah lama sekali tidak ada kejadian seperti itu di Pantai Serdang.

Alhamdulillah, meski mendadak, masih ada peserta yang mengikuti lomba kater, kata Toto Iswanto.

Menurut Toto, perahu kater sudah terkenal di luar Pulau Belitung dengan identitasnya yang memiliki layar, padahal sehari-hari perahu kater digunakan untuk melaut hanya dengan menggunakan mesin.

Maka salah satu upaya untuk menjaga budaya berlayar, salah satunya dengan acara kompetisi seperti itu dan para nelayan membuat layar, tidak sia-sia.

“Event ini merupakan satu-satunya event pascapandemi yang ada di Pantai Serdang dan cukup besar,” jelasnya.

Oleh karena itu, otomatis masyarakat rindu dengan acara ini, karena dari pagi hari sudah banyak masyarakat yang menyaksikan dan memadati pesisir Serdang.

“Jadi untuk efek pariwisatanya hari ini kunjungannya sangat banyak,” jelasnya.

Kemudian Toto mengajak PT Timah Tbk untuk mengadakan acara tersebut secara rutin karena dampaknya terhadap perkembangan pariwisata sangat terlihat dari acara ini.

Apalagi jika acara ini sudah dijadwalkan sebelumnya, bisa dipastikan wisatawan dari luar Pulau Belitung juga bisa menikmatinya.

“Acara seperti ini harus kita rutinkan dan bisa masuk kalender acara nanti,” ucapnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan