Mengelola Timah, Membangun Negeri

Mengelola Timah, Membangun Negeri
Mengelola Timah, Membangun Negeri

KUPASONLINE.COM – PT Timah Tbk mendapat amanah dari negara untuk mengelola sumber daya alam timah. Sebagai perusahaan negara, PT Timah Tbk menjalankan perannya dalam mendukung pembangunan Indonesia dan wilayah dimana PT Timah Tbk didirikan.

Tepat 2 Agustus lalu, PT Timah Tbk genap berusia 47 tahun, perusahaan pelat merah pertambangan timah ini terus berkembang, bahkan memperkokoh posisi Indonesia sebagai salah satu produsen timah dunia.

Bacaan Lainnya

Timah merupakan salah satu logam yang dibutuhkan dunia untuk berbagai kebutuhan industri global seperti teknologi tinggi, pangan dan teknologi industri lainnya.

Dalam perjalanannya menjalankan tugas pengelolaan timah, PT Timah Tbk turut serta aktif dalam memberikan kontribusi dalam meningkatkan pembangunan dan menstimulasi perekonomian Indonesia dan masyarakat di wilayah operasional perusahaan.

Anggota holding industri pertambangan MIND ID yang berusia 47 tahun ini telah menciptakan ribuan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Provinsi Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

Selain menciptakan lapangan kerja, PT Timah Tbk juga fokus pada pemberdayaan ekonomi lokal dengan melibatkan masyarakat lokal dalam kegiatan usahanya. PT Timah Tbk melalui program kemitraannya merangkul masyarakat agar bisa melakukan penambangan dengan tetap mengikuti aturan yang berlaku.

Melalui program pelatihan dan pengembangan, PT Timah Tbk membantu masyarakat setempat meningkatkan keterampilan dan meningkatkan taraf hidup mereka. Sehingga berdampak positif terhadap perekonomian lokal dan kemandirian masyarakat.

Sebagai perusahaan negara, PT Timah Tbk telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan negara. Kontribusi pajak dan PNBP PT Timah Tbk juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2022, anggota holding industri pertambangan ini memberikan dana sebesar Rp1,51 triliun melalui pajak dan PNBP.

Kontribusi pajak dan PNBP ini memberikan kontribusi penting terhadap penerimaan negara, yang kemudian dapat dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, pendidikan dan sektor-sektor penting lainnya.

Dalam menjalankan proses bisnisnya, PT Timah Tbk juga berkomitmen untuk melakukan pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan. Hal ini terlihat dari program reklamasi yang dilakukan secara konsisten. Tahun lalu, TINS ​​melakukan reklamasi lahan bekas tambang seluas 400 hektare dan tahun ini juga akan melakukan reklamasi pascatambang seluas 400 hektare.

PT Timah Tbk juga melakukan reklamasi laut melalui program terumbu buatan, penanaman mangrove, restocking cumi dan kepiting bakau, serta pemasangan tanggul tahan abrasi.

Perusahaan melakukan upaya konservasi dan rehabilitasi lahan bekas pertambangan, serta melakukan penelitian dan inovasi untuk mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan pertambangan.

Komitmen PT Timah Tbk terhadap pengelolaan lingkungan hidup juga diapresiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam dua tahun terakhir, PT Timah Tbk dianugerahi PROPER EMAS.

PT Timah Tbk terus melakukan penelitian dan pengembangan serta inovasi dalam menjalankan kegiatan usahanya untuk meningkatkan efisiensi produksi, mengurangi dampak lingkungan, dan memanfaatkan teknologi terkini. PT Timah Tbk tidak hanya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, tetapi juga terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, khususnya terkait timah.

Selain kontribusi ekonomi, PT Timah Tbk juga memiliki program tanggung jawab sosial perusahaan yang fokus pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan kesejahteraan masyarakat.

Program-program tersebut antara lain pemberian beasiswa kepada anak-anak di sekitar tambang, pembangunan infrastruktur pendidikan dan kesehatan, serta dukungan dalam situasi darurat dan bencana alam.

PT Timah Tbk juga berkomitmen mendukung pelestarian adat dan budaya, seni serta mendukung kegiatan organisasi kemasyarakatan dan pemuda.

Sejalan dengan rencana Pemerintah untuk melakukan hilirisasi, PT Timah Tbk juga telah melakukan kegiatan hilirisasi timah melalui anak perusahaannya PT Timah Tbk Industri.

Hilirisasi ini merupakan langkah serius PT Timah Tbk dalam mengelola sumber daya alam, meningkatkan nilai tambah timah sebagai komoditas global, dan mendorong pertumbuhan industri hilir dalam negeri.

“PT Timah Tbk terus mengoptimalkan perannya dalam mendukung pembangunan negara. Perusahaan mengupayakan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Dengan terus mengedepankan nilai-nilai keberlanjutan dan tanggung jawab sosial,” kata Head of Corporate Communications PT Timah Tbk, Anggi Siahaan .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan