Karhutla dan Inflasi Jadi Perhatian Pemprov. Kep. Babel

KUPASONLINE.COM – Senin 16 Oktober 2023, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) kembali melaksanakan upacara mingguan. Upacara tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Kep. Babel.

Upacara dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Suganda Pandapotan Pasaribu. Orang nomor satu di Negeri Serumpun Sebalai ini menyampaikan beberapa hal kepada seluruh ASN yang hadir dalam upacara tersebut.

Bacaan Lainnya

Pj Gubernur Suganda menyatakan bahwa cuaca panas yang terus melanda hampir seluruh Babel harus mendapat perhatian khusus. karena kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah meningkat di wilayah Babel akhir-akhir ini. Untuk mencegah kasus serupa terulang, tindakan harus diambil dengan cepat dan tepat.

Selain itu, Pemprov. Kep. Babel juga, dijelaskan Pj Gubernur Suganda, sedang dalam upaya menekan angka inflasi. Babel menjadi sorotan dikarenakan menjadi daerah dengan inflasi yang cukup tinggi. Penyumbang tertinggi inflasi ada pada angkutan, dan beras.

“Kita membantu bagaimana mengendalikan pasar, khususnya harga beras di Babel. Mudah-mudahan dengan ketetapan ini bisa menekan kenaikan harga beras,” katanya.

Sejauh ini, ketersediaan beras di Pulau Bangka masih tergolong aman, karena Bulog mengonfirmasi terdapat sekitar 1.200 ton. Sementara, untuk di Belitung sekitar 700 ton. Hal ini disimpulkan sangat mencukupi untuk kebutuhan, bahkan sampai dengan awal tahun.

“Jadi, jangan takut, jangan panik membeli beras, dan menjaga stabilitas harga beras di pasaran harga beras,” katanya.

Ia pun meminta para ASN dapat berperan aktif menenangkan masyarakat terhadap ketersediaan pangan, khususnya beras. Dengan begitu tidak menimbulkan panic buying, sehingga dapat mempengaruhi harga di pasaran, baik di level distributor, maupun pasar.

“Saya minta kita sama-sama mengawasi jangan terjadi penimbunan bahan-bahan pokok,”katanya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *