PT Timah Tbk Gandeng Nelayan Kenanga Buat Rumpon Ikan dan Cumi, Manfaatnya Bakal Dirasakan Ratusan Nelayan

KUPASONLINE.COM – PT Timah Tbk kembali bekerja sama dengan nelayan untuk memproduksi rumpon ikan. Bekerja sama dengan Kelompok Nelayan Ridho Ilahi Bersatu, yang berlokasi di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, PT Timah Tbk.

Grup ini membuat rumpon ikan yang akan ditenggelamkan oleh PT Timah Tbk. Semua orang tahu bahwa rumpon dapat menarik banyak ikan ke lokasi tertentu. Menurut beberapa orang, rumpon membantu nelayan menangkap ikan karena menjadi rumah ikan.

Bacaan Lainnya

Untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan, PT Timah Tbk menggunakan teknik penggelaman rumpon.

Kelompok Nelayan Ridho Ilahi Bersatu telah membuat ratusan rumpon yang akan ditenggelamkan. Mereka membuat rumpon ikan dan cumi.

Alhamdullilah, kami sangat bersyukur dapat membantu PT Timah dalam pembuatan rumpon ini. Karyadi, etua Nelayan Ridho Ilahi Bersatu, mengatakan, “Kami membuat dua jenis rumpon: 170 rumpon ikan dan 37 rumpon cumi.”

Sebanyak 200 rumpon akan ditenggelamkan di enam lokasi di Perairan Laut Rebo, katanya. Ia menyatakan bahwa rumpon ikan berada 1-2 mil dari bibir pantai, sedangkan rumpon cumi berada 3 mil dari bibir pantai.

Karyadi mengatakan bahwa mereka dan anggota kelompok sekitar dua belas nelayan ikut terlibat dalam proses pembuatan rumpon ini.

“Terus terang saja kami sangat terbantu sekali dengan adanya program dari PT Timah ini. Bahkan para teman – teman berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap tahun. Sehingga pada saat kami tidak bisa melaut kami masih ada aktifitas untuk membuat rumpon seperti ini,” katanya.

Pihaknya bersyukur dengan adanya kolaborasi pembuatan rumpon bersama PT Timah Tbk pasalnya memiliki banyak manfaat bagi mereka.
Bahkan dengan adanya penenggelaman rumpon ini, ratusan Nelayan dapat merasakan manfaatnya.

“Adanya banyak KUB yang akan merasakan manfaat rumpon ini, kalau untuk di Desa Kenanga sendiri itu ada sekitar 6 KUB, dengan masing – masing KUB itu ada belasan orang anggota, jadi jika dikalkulasi itu ada ratusan nelayan akan merasakan manfaat dari rumpon ini,” katanya.

“Rumpon ini sangat membantu kami dalam mencari ikan dilaut, sehingga tidak perlu jauh- jauh lagi untuk pergi melaut. Karena titik rumpon yang kami tenggelamkan ini jaraknya sangat dekat. Dengan banyaknya manfaat yang kami rasakan, kami sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada PT Timah,” ungkap pria tang kerap disapa Cak Yadi ini.

Cak Yadi ini mengatakan, potensi ikan yang ada diperairan laut Rebo cukup banyak dan jenisnya pun beragam seperti ikan kuning – kuning, kakap merah, kerapu, seminyak dan Jarang Gigi. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan