PT Timah Tbk Menerima Gold Rank di ASRRAT 2023 atas Komitmennya untuk Melaksanakan Proses Bisnis Berkelanjutan

KUPASONLINE.COM – Diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta pada Senin, 6 November 2023, PT Timah Tbk menerima penghargaan Rank Gold dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023 dari National Center for Sustainability Reporting (NCSR).

ASRRAT adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang berhasil mengkomunikasikan kinerja keberlanjutan melalui laporan yang efektif dan berkelanjutan kepada pemangku kepentingan.

Bacaan Lainnya

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas komitmen perusahaan terhadap pelaporan keberlanjutan. Navigating the Path to Net Zero: Accelerating Climate Action in Asia adalah tema ASRRAT tahun ini. untuk mendorong emisi bersih di industri, emisi Nol Bersih (NZE).

Penghargaan ASRRAT adalah ajang penilaian kualitas laporan keberlanjutan atau laporan keberlanjutan yang didasarkan pada standar Global Reporting Initiative (GRI). Penilaian dilakukan oleh para asesor yang kompeten (ahli SR yang disertifikasi).

Dr. Ali Darwin, Ketua NCCR, mengapresiasi para peserta ASRRAT 2023 atas komitmen organisasi dan perusahaan terhadap transparansi dan upaya mereka untuk mengukur dan memitigasi dampak negatif lingkungan dan sosial.

“Laporan keberlanjutan telah memberikan wawasan berharga mengenai kemajuan yang telah dicapai dalam mengurangi emisi, melestarikan sumber daya, dan memajukan keadilan sosial. Selain itu, ini berfungsi sebagai road map untuk diikuti oleh bisnis dan organisasi lain,” katanya.

Setuju, Prof. Irwan Adi Ekaputra, Ketua Juri ASRRAT 2023, menyatakan bahwa jumlah peserta ASRRAT 2023 meningkat secara signifikan dibandingkan penyelenggaraan tahun sebelumnya. ASRRAT 2023 juga memiliki peserta dari banyak negara seperti Bangladesh, Filipina, Australia, dan Rusia.

Dia menyatakan bahwa proses penilaian ASRRAT 2023 melibatkan tim assessor dan panel yang terdiri dari 18 penilai bersertifikat CSRS dari seluruh Indonesia. NCCR menetapkan empat peringkat untuk laporan keberlanjutan: Platinum (peringkat tertinggi), Emas, Perak, dan Perunggu.

Sementara itu, Abdullah Umar, Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bagian dari komitmen PT Timah Tbk untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih baik.

“PT Timah Tbk menerapkan sistem keberlanjutan mulai dari eksplorasi sumber daya alam hingga upaya hilirisasi, dan PT Timah Tbk juga melibatkan masyarakat sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dalam prosesnya,” katanya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan