Bersama Kementerian Parekraf RI, Pemkot Pangkalpinang Gelar Festival Serumpun Pangkalpinang 2023

KUPASONLINE.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bersama Pemerintah Kota Pangkalpinang menyelenggarakan Festival Serumpun Pangkalpinang. Acara ini merupakan bagian dari Kurasi Karisma Event Nusantara (KEN) dan juga sebagai wujud komitmen terhadap pembentukan kabupaten dan kota kreatif Indonesia. Festival ini diadakan di Taman Dealova Kota Pangkalpinang. Pada tanggal 23 November 2023.

“Kami memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang, selain memiliki keindahan bahari, Kota Pangkalpinang merupakan rumah bagi etnis rumpun melayu tionghoa. Selamat dan sukses, mari majukan pariwisata dan ekonomi kreatif kita majukan Indonesia”, ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno melalui tayangan video.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan, menyatakan bahwa Festival Serumpun Pangkalpinang ini merupakan langkah untuk memperkenalkan Pangkalpinang dari berbagai perspektif, termasuk inovasi-inovasi dan kegiatan yang diadakan. Ia memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Festival Serumpun Pangkalpinang 2023 ini.

“Kota kreatif adalah stategi baru untuk perencanaan Kota, tentu dilatarbelakangi dengan era globalisasi ekonomi. Kota harus mampu menghasilkan pendapatan sendiri dengan kegiatan kreatif, sehingga membuat kota untuk lebih kreatif”, ungkap Lusje dalam sambutan.

Lusje menambahkan, kegiatan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan iklim bisnis yang positif, mengembangkan ekonomi berbasis sumber daya terbarukan, membangun citra dan identitas bangsa.

“Misalnya batik kita bisa kolaborasi dengan daerah lain, kita menyentuhnya dengan khas Kota Pangkalpinang seperti saya lihat ada batik Nol Kilometer. Produsen negara adidaya sudah tidak mau lagi membuat hal-hal kecil, mari kita produksi misalnya wadah tisu kita beri sedikit timah agar ada khasnya kita”, kata Lusje.

Dalam kaitannya dengan kolaborasi kerajinan tersebut, Lusje berharap akan terjadi modifikasi dan penambahan nilai agar tampil lebih menarik. Khususnya dalam sektor kuliner, Lusje menyatakan bahwa Kota Pangkalpinang telah menghasilkan pencapaian yang sangat luar biasa. Sebagai contoh, menurutnya, makanan otak-otak yang paling lezat dapat ditemukan di Kota Pangkalpinang.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan