Pemerintah Kota Pangkalpinang Membagikan Bantuan Makanan untuk Anak Stunting

KUPASONLINE.COM –  Pemerintah kota Pangkalpinang membagikan bantuan makanan kepada anak-anak yang mengalami stunting tahun 2023. Di Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Selasa 5 Desember 2023.

“Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK). Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama serta terjadinya infeksi berulang, dan kedua faktor penyebab ini dipengaruhi oleh pola asuh yang tidak memadai terutama dalam 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) dan sanitasi lingkungan yang kurang baik”, ujar Mie Go, Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang.

Bacaan Lainnya

Mie Go mengatakan bahwa penurunan stunting harus dilakukan sedini mungkin untuk menghindari efek buruk jangka panjang, seperti terhambatnya tumbuh kembang anak. Stunting mempengaruhi perkembangan otak, yang menghambat perkembangan kecerdasan anak.

Hal ini berisiko menurunkan produktivitas ketika seseorang menjadi dewasa. Menurutnya, stunting membuat anak lebih rentan terhadap penyakit tidak menular saat mereka dewasa. Masalah gizi dan stunting diperkirakan berkontribusi pada hilangnya 2-3% PDB setiap tahun.

Mie Go terus mengatakan bahwa untuk mengurangi stunting, penekanan diberikan pada penyebab masalah gizi, seperti ketahanan pangan bergizi (makanan), lingkungan sosial yang berkaitan dengan praktik pemberian makanan bayi dan anak (pengasuhan), akses terhadap layanan kesehatan pencegahan dan pengobatan (kesehatan), dan kesehatan lingkungan, yang mencakup ketersediaan air bersih dan sanitasi (Lingkungan).

“Faktor tersebut mempengaruhi asupan gizi dan status kesehatan ibu dan anak. Intervensi terhadap keempat faktor tersebut diharapkan dapat mencegah masalah gizi, baik kekurangan maupun kelebihan gizi. Penurunan stunting memerlukan intervensi yang terpadu, mencakup intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif. Sejalan dengan inisiatif percepatan penurunan stunting, pemerintah meluncurkan gerakan nasional percepatan perbaikan gizi”, terang Mie Go.

Indikator dan target penurunan stunting, tambah Mie Go, telah dimasukkan sebagai sasaran pembangunan nasional. Pemerintah Kota Pangkalpinang melaksanakan strategi nasional pencegahan stunting dengan melakukan rembuk stunting dan penguatan komitmen pimpinan daerah serta lintas sektor, lintas program dan masyarakat dalam percepatan penurunan stunting yang diharapkan akan menjadi gerakan masif.

“Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal, dan bagus terhadap keluarga. Dari dahulu hingga sekarang ahli-ahli gizi tidak bosan-bosannya mengingatkan kita untuk selalu mengkonsumsi ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protein yang dikandung ikan berkualitas tinggi”, sebutnya.

Mie Go mendorong semua pihak untuk mencegah dan menanggulangi stunting sesuai tupoksi melalui intervensi yang tepat dan halus. Dia percaya bahwa masalah ini bukan hanya tanggung jawab bidang kesehatan, tetapi juga tanggung jawab untuk menghasilkan generasi penerus yang sehat dan cerdas.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan