Pj Gubernur Safrizal Menghadiri Peresmian Nursery Cabai Kelompok Tani Timur Makmur

Pj Gubernur Safrizal Menghadiri Peresmian Nursery Cabai Kelompok Tani Timur Makmur
Pj Gubernur Safrizal Menghadiri Peresmian Nursery Cabai Kelompok Tani Timur Makmur

KUPASONLINE.COM – Di Desa Air Mesu Timur, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu 6 Desember 2023, Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel), Safrizal ZA, menghadiri peresmian rumah pembibitan atau nursery Kelompok Tani (Poktan) Timur Makmur.

Ditjen Hortikultura Direktorat Jenderal Kementerian Pertanian membantu perbenihan cabai dan bawang merah dengan sistem blok tanah ini. Direktur Perbenihan Hortikultura Inti Pertiwi Nashwari dan Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman langsung menghadiri peresmian.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Pj Gubernur Safrizal: Inflasi Kita Tetap Terjaga

Pj Gubernur Safrizal sangat berterima kasih atas kehadiran nursery yang menawarkan bantuan benih bawang merah dan cabai ini. Dia berharap bahwa pembenihan ini akan mendorong penanaman kembali bawang merah dan cabai di Babel.

“Kita harus produksi sendiri, jangan ada lagi ketergantungan dari luar daerah. Karena kita daerah kepulauan harus mampu mengandalkan produksi sendiri,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa untuk memastikan pengelolaan dan pemanfaatan nursery yang berkelanjutan, hal ini tetap dilakukan secara bertahap dan selalu dipantau.

Baca juga  Molen Paparkan Program Pemkot Pangkalpinang Di Hadapan Tim Visitasi Anugerah Tinarbuka

Oleh karena itu, ia meminta kerja sama dengan Bupati Bangka Tengah. Selain itu, mendorong semua anggota masyarakat untuk bercocok tanam, baik di perkarangan rumah hingga di lahan yang dianggap cukup luas.

“Kita harap kedepan, produksi cabai dan bawang merah ini dapat memenuhi kebutuhan seluruh Kabupaten/Kota di Babel. Adapun kelebihan produksi, kita akan dorong untuk buat produk hilirisasi lainnya,” jelasnya.

Menurut Pj Gubernur Safrizal, keberhasilan pembenihan ini menunjukkan kemungkinan Babel akan mempertahankan kestabilan harga. Targetnya adalah harga cabai turun lima puluh persen dari harga saat ini, yang mencapai 100 ribu rupiah lebih.

Baca juga  Pemerintah Provinsi Bangka Belitung Mulai Salurkan Bantuan Sosial Tunai

Dengan inflasi tertinggi di Indonesia, kami sudah memulai program ini. Pj Gubernur Safrizal, bersama Edi Romdhoni, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi Babel, menyatakan bahwa dengan bantuan ini, kami dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan bawang merah dan cabai.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *