Pj Gubernur Safrizal Bicara Langkah Konkret Penanggulangan Bencana Alam

Pj Gubernur Safrizal Bicara Langkah Konkret Penanggulangan Bencana Alam
Pj Gubernur Safrizal Bicara Langkah Konkret Penanggulangan Bencana Alam

KUPASONLINE.COM – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA menghadiri pembukaan Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam di Lapangan Makorem 045/Gaya di Pangkalpinang. Pada hari Rabu, 6 Desember 2023.

Dibuka langsung oleh Inspektur Kodam (Irdam) II/Sriwijaya, Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan, latihan lapangan pelatihan penanggulangan bencana alam dihadiri oleh anggota TNI/Polri dan instansi terkait lainnya.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Ayo Dukung Museum Timah Indonesia Pangkalpinang dan Bukit Pinteir, jadi Pemenang API ke-8

Menurut Pj. Gubernur Safrizal, tujuan latihan penanggulangan bencana alam ini adalah untuk mengatasi setiap bencana secara cepat, tepat, dan akurat.

Mengingat curah hujan yang tinggi saat ini dapat meningkatkan tingkat bencana alam seperti banjir dan longsor. Jadi, dia menjelaskan bahwa ada tiga bagian dalam penanggulangan bencana alam.

“Di antaranya adalah pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana. Pra-bencana sendiri dipecah menjadi dua bagian, yakni pencegahan dan mitigasi serta kesiapsiagaan,” jelasnya di hadapan peserta Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam Cakar Garuda XXIII 2023.

Baca juga  Gule Kabung Jadi Wadah Kolaborasi Program Pemerintah Daerah di Babel

Dijelaskan bahwa sebelum bencana, ada sejumlah tindakan yang harus dilakukan untuk meminimalkan risiko fisik dan mental. Pertama, menemukan kemungkinan bencana, kemudian memberi tahu masyarakat tentang semua risiko, dan akhirnya membuat prosedur operasional standar (SOP).

“Lalu kita melatih SOP tersebut seperti yang akan kita lakukan pada latihan hari ini,” ungkapnya.

Sehingga nantinya pada tahapan tanggap darurat, diharapkan apabila para personil telah memiliki kemampuan mitigasi yang baik, akan mampu meminimalisir resiko dari bencana alam itu sendiri, baik itu kerugian jiwa maupun materi.

Baca juga  Pemkot Pangkalpinang Gelar Rapat Persiapan Evaluasi Tingkatkan Nilai Indeks RB dan SAKIP 2022

Harapannya adalah bahwa latihan lapangan seperti ini akan meningkatkan kerja sama antar aparatur yang ada di lapangan, sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.

Pj. Gubernur Safrizal juga melakukan pengecekan pasukan dan kendaraan taktis penanggulangan bencana alam setelah pembukaan kegiatan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *