Pj Gubernur Safrizal Kumpulkan Pejabat Provinsi Membahas Ketahanan Pangan Masyarakat

Pj Gubernur Safrizal Kumpulkan Pejabat Provinsi Membahas Ketahanan Pangan Masyarakat
Pj Gubernur Safrizal Kumpulkan Pejabat Provinsi Membahas Ketahanan Pangan Masyarakat

KUPASONLINE.COM – Di Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa 5 Desember 2023, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA, segera mengadakan pertemuan dengan beberapa pejabat struktural dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang berkaitan dengan pangan. Pejabat struktural tersebut termasuk Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Dispertan, Disperindag, dan DKP Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung.

Pj Gubernur Safrizal segera meminta kesiapan OPD terkait pada pertemuan tersebut untuk mengantisipasi kenaikan harga makanan yang sedang terjadi, yang membutuhkan stabilitas produktivitas komoditas pertanian seperti beras, bawang, dan cabai. Untuk menjaga produktivitas hasil pertanian lokal, petani lokal harus dibina seoptimal mungkin.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Safriati Safrizal Ajak Pengrajin Sinergi Memajukan Bangka Belitung

“Termasuk dalam mempekerjakan petani, jika terdapat kekurangan dalam pemberian insentif pada petani bisa digunakan,” ungkap Pj Gubernur Safrizal.

Pj Gubernur Safrizal menjelaskan bahwa untuk mencapai target program pertanian, program pemerintah daerah kab/kota harus diawasi oleh ahli di bidangnya. Ahli ini dapat berasal dari pemerintah internal atau dari pihak ketiga atau eksternal.

“Kita mau produksi sebanyak kekurangan pada kebutuhan kita. Maka dari itu mohon dibuatkan ploting kekurangannya, setiap ploting dibentuk timnya, lalu setiap dinas dapat berkontribusi seperti apa,” ungkapnya.

Baca juga  Ketua DPRD Babel Panggil Beberapa Kepala OPD Usai Menerima Aspirasi Masyarakat

Dalam hal ini, Penjabat Gubernur (Pj Gubernur) mengusulkan agar Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersinergi dengan pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota untuk memberdayakan kelompok tani dalam penyediaan benih yang diperlukan.

Pj Gubernur berharap agar sektor pertanian di wilayah tersebut dapat lebih mengoptimalkan produksi lokal daripada mengandalkan impor, dengan menciptakan produk lokal yang unggul agar dapat menjadi identitas khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pj Gubernur, Safrizal, juga menyampaikan rencananya untuk mengadakan pertemuan langsung dengan kepala daerah tingkat kabupaten/kota guna mendiskusikan secara lebih rinci mengenai penyelarasan program ini.

Baca juga  PT Timah Tbk Komitmen Mendukung Aspirasi Serikat Pekerja 

Hal ini bertujuan untuk memastikan program tersebut dapat berjalan dengan efektif dan terkoordinasi antarinstansi.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *