Pj Gubernur Safrizal Tantang Tanam 1 Juta Pohon di 2024

KUPASONLINE.COM – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) memiliki banyak sumber daya alam, termasuk timah. Namun, hal ini tetap membuat Bumi yang kaya ini memiliki tugas tersendiri, terutama dalam hal pelestarian lingkungan. Terdapat 167.065 ha lahan kritis di Kepulauan Babel, termasuk sekitar 12.000 kolong yang perlu diperhatikan karena penambangan timah ilegal.

Dengan demikian, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi kegiatan penanaman pohon bersama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-23 dan Hari Ulang Tahun PDAM Tirta Bangka ke-32 di DAM 1 Pemali pada Kamis 28 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

“Saya sangat berterima kasih kepada rekan-rekan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kep. Babel yang telah menginisiasi kegiatan seperti ini. Ini sungguh luar biasa,” puji Safrizal.

Dikatakan oleh orang nomor satu di Kep. Babel tersebut, dirinya menargetkan ada penanaman pohon secara besar-besaran di tahun 2024. Termasuk membentuk satgas tanam, guna melestarikan lingkungan, kualitas air, dan tutupan hutan.

“Nanti tahun depan akan kita buatkan satgas tanam. Besar-besaran kita menanam di 2024. Saya tantang untuk menanam satu juta pohon. Nanti, minta tolong Pak Kadis LHK mencarikan lahan-lahan yang perlu untuk kita tanam,” ujar Safrizal.

Pria kelahiran tahun 1970 itu pun menambahkan bahwa dirinya menginginkan seluruh pihak turut serta dalam gerakan penanaman pohon tersebut, baik itu instansi/lembaga maupun masyarakat.

“Nanti semuanya harus berpartisipasi menanam pohon ini. Baik itu dari TNI/Polri, ASN, wartawan, TP PKK, Linmas, maupun masyarakat kita,” pungkasnya.

“Ayo Lestarikan Lingkungan & Selamatkan Sumber Air Baku Masyarakat Kabupaten Bangka” adalah tema penanaman 500 bibit pohon kayu putih. Tanaman kayu putih dipilih karena pohon ini dapat hidup di tanah yang tandus sekalipun. Ini adalah solusi untuk lahan kritis di Kepulauan Babel.

Forkopimda Provinsi Kep. Babel, Pj. Bupati Bangka, Ketua PWI Kep. Babel, Direktur PDAM Tirta Bangka, dan Pj. Ketua TP PKK Kep. Babel hadir untuk menanam pohon hari ini.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan