Safriati Safrizal Ajak Pengrajin Sinergi Memajukan Bangka Belitung

KUPASONLINE.COM – Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Safriati Safrizal didampingi Kepala Disperindag Kep. Babel Tarmin AB melakukan kunjungan dan pembinaan ke pengrajin rajutan Martina dan pengrajin kaligrafi benang Maulidan di Belinyu Kabupaten Bangka, Senin 22 Januari 2024

Safriati mengajak semua pengrajin baik itu yang tergabung atau dibina oleh Dekranasda, BKOW, PKK, UP2K, UMKM, dan lain-lainnya dapat selalu bersinergi memajukan dan mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bacaan Lainnya

“Jangan terkotak-kotak ini binaan siapa, atau tergabung di organisasi apa. Tapi kita harus bersinergi untuk membawa nama baik Kep. Bangka Belitung,” ujarnya.

Tiba di tempat pengrajin rajutan Martina, Safriati berdialog sembari melihat hasil rajutan. Berbagai hasil rajutan seperti taplak meja, sarung gelas rajutan, tempat tisu rajutan dan lain sebagainya.

“Saya suka beli rajutan dari berbagai daerah. Yang kita ini termasuk rapi pengerjaannya, tapi kalau bisa harganya lebih ekonomis lagi. Nanti akan ada tamu juga dari Pusat, kurang lebih ada 30-35 orang, saya mau mengenalkan kerajinan kita salah satunya rajutan ini. Nanti kita bisa ketemu di Sungailiat ya bu saat tamu-tamu dari pusat datang, sembari ibu bawa produk hasil rajutan ini,” ujarnya.

Safriati juga sempat menanyakan kendala apa saja yang dihadapi oleh Bu Martina dalam memproduksi rajutan. Bu Martina pun mengungkapkan jika tenaga pengrajin yang semakin sedikit di saat ini. Menanggapi hal ini Safriati mengatakan agar perlu mencari komunitas yang memang tertarik untuk dilatih merajut.

“Nanti juga untuk pengrajin, perlu kita carikan komunitas atau kita berdayakan kelompok-kelompok yang bisa dilatih untuk membuat kerajinan rajutan ini. Karena ini juga harus ada regenerasi, ibu tetap sebagai pembina atau sentra tapi ada orang yang meneruskan kerajinan ini,” ujar Safriati.

Safriati, Pj. Ketua TP PKK Kep. Babel, menyarankan agar produk rajutan yang dijual disertai dengan selebaran yang berisi arahan untuk merawatnya. Dia juga percaya bahwa stok produk rajutan harus diperbanyak untuk dapat mengikuti pameran Inacraft yang akan diadakan di JCC Jakarta dari 28 Februari hingga 3 Maret.

Istri Pj Gubernur Kep. Babel ini juga mengunjungi pengrajin rajut dan pengrajin kaligrafi benang Pak Maulidan. Pak Maulidan juga mengharapkan agar Pj. Ketua Dekranasda Babel mengiklankan produk kaligrafi yang dia buat.

“Jika produknya sudah ada, nanti saya bisa bantu promosikan. Saya juga mau pesan untuk di ruang salat, nanti diukur dulu ukurannya. Untuk model bisa di kreasikan lagi, dan saya harap bisa ditingkatkan kualitasnya” ujar Safriati seraya memberikan masukkan dan motivasi untuk Pak Maulidan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *