Pj Gubernur Safrizal Apresiasi Inovasi Imigrasi Wujudkan Pelayanan Berkelas Dunia

KUPASONLINE.COM – Safrizal ZA, Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengapresiasi berbagai inovasi pelayanan keimigrasian yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk meningkatkan kemudahan bagi masyarakat.

“Misalnya paspor, saat ini masyarakat tak perlu menunggu berhari-hari dalam proses pembuatan paspor, namun kini proses pembuatan paspor bisa selesai hanya dalam satu hari,” ujar Pj Gubernur Safrizal saat memberikan sambutan pada acara Syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke-74 di di Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel, Jumat 26 Januari 2024.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Safrizal juga menuturkan pelayanan keimigrasian saat ini sudah bertransformasi digital, misalnya dengan hadirnya e-paspor, autogate, dan sistem informasi keimigrasian. Itu semua bertujuan untuk memberikan pelayanan yang prima, efisien, dan transparan bagi masyarakat.

“Termasuk dengan mencetak rekor capaian penerimaan negara bukan pajak (PNBP) terbesar yang jauh diatas target tahun 2023,” ujarnya.

Meskipun demikian, dia terus mengharapkan agar instansi keimigrasian terus melakukan inovasi. Menurutnya, peran keimigrasian sangat penting sebagai garda terdepan dalam melakukan pengawasan terhadap kedatangan dan kegiatan manusia yang memasuki serta meninggalkan wilayah Indonesia.

Keberadaan keimigrasian juga mencerminkan representasi Indonesia, karena merupakan pintu masuk utama bagi warga asing yang ingin memasuki Indonesia. Oleh karena itu, transformasi optimal dalam pelayanan keimigrasian dianggap sebagai suatu kebutuhan yang mendesak.

Dia menyampaikan ucapan selamat dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-74, sambil berharap agar pelayanan keimigrasian terus meningkat dari tahun ke tahun. Harapannya adalah agar Indonesia memiliki pelayanan keimigrasian yang berstandar dunia.

Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Kepulauan Babel, Forkopimda Kota Pangkalpinang, Instansi Vertikal, serta seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Babel.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *