Trik Marketing yang Semua Orang Mempunyai Usaha Wajib Tahu!

Trik Marketing yang Semua Orang Mempunyai Usaha Wajib Tahu! (Foto:Yt Raymond Chin)
Trik Marketing yang Semua Orang Mempunyai Usaha Wajib Tahu! (Foto:Yt Raymond Chin)

BABELKUPASONLINE.COM – Banyak orang mikir jualan atau marketing itu sekadar ini ada produk, produknya harus digemborin di mana-mana.

Berharap ada yang beli. Tapi kenyataannya, coba kalian posisiin diri sebagai customer.

Bacaan Lainnya

Misalnya ada brand baru muncul di market, kalian ketemu ads-nya, ‘Ini apaan sih brand baru?’ Mungkin ga langsung beli saat itu juga?

Jarang banget kejadiannya kayak gitu. Kecuali emang sesuai dan pas apa yang kalian cari.

Marketing funnel itu ngebantu kita untuk ngertiin journey step by step customer kalo misalnya ketemu brand kalian, sampe mereka beli produknya dan beli berkali-kali.

Itu ga 1 step doang. Ada 5 lebih tepatnya. Awareness, consideration, conversion, loyalty, dan advocacy. Babelkupaosnline.com bakal jelasin satu-satu.

Trik Marketing yang Semua Orang Wajib Tahu

1. Awareness

Pertama, kalo kalian bisnis yang baru mulai, Step 1 – Awareness kalian fokus di awareness.

Awareness—sama kayak bahasa Indonesianya—yaitu aware.

Bikin customer kalian tau. Tau tentang brand-nya, tau tentang produknya. Jangan langsung disodorin untuk, “Nih beli”, gitu misalnya. Langsung kasih diskon—itu salah besar.

Step pertama yang kebanyakan brand lakuin adalah kenalan diri dulu.

Sama kayak kalo pacaran, kalian ga langsung, “Lu mau pacaran sama gw?” Ga. Iu conversion. (Kalo) awareness, “Eh gw dari background kayak gini, pekerjaan gw begini” Bikin customer lebih kenal dengan kalian.

Nah awareness funnel kalo di corong ini itu corong paling besar. Apapun yang kalian lakuin di awareness, itu yang biasanya kesebar di channel paling luas. Misalnya Instagram ads, bisa langsung reach 100.000 orang.

Tapi lu tau orang ga bakal beli. Sekadar mau ngasih tau brand ini ada.

Again, kita posisiin (diri) sebagai customer. Lagi scrolling Instagram terus tiba-tiba liat, “Oh ini ada brand skincare baru nih.

Ternyata dia pemain baru, lebih fokus ke all in one dan ga ribet”. Yaudah, diliat. Udah ada di kepalanya. Dan kebanyakan biasanya langsung skip, lanjut scrolling lagi.

Nah awareness itu kita harus berkali-kali ceritain ke mereka kita tuh apa. Kenalan dulu lah.

2. Consideration

Step 2 – Consideration Nah yang kedua consideration. Di tahap ini tuh customer udah mulai mikir, “Beli ga ya? Ini cocok ga ya buat gw?” Kalo misal analoginya tadi kayak bagi-bagi flyer atau pake TOA di pinggir jalan.

“Hai kita adalah brand skincare baru!” Consideration itu pas mereka udah mulai tertarik—mereka liat Instagram page kalian, liat website kalian, mulai baca-baca.

Liat fiturnya, liat harganya. Nah disini kalian lebih fokus ke apa manfaat yang bisa kalian kasih ke mereka.

Pos terkait