Trik Marketing yang Semua Orang Mempunyai Usaha Wajib Tahu!

Trik Marketing yang Semua Orang Mempunyai Usaha Wajib Tahu! (Foto:Yt Raymond Chin)
Trik Marketing yang Semua Orang Mempunyai Usaha Wajib Tahu! (Foto:Yt Raymond Chin)

4. Loyalty

Step 4 – Loyalty Dan itu di fase loyalty. Di sini ada istilah yang namanya CRM (Customer Relationship Management). Kalo misalnya mereka udah beli, ngerasa produknya bermanfaat, kalian harus reach out lagi.

Bacaan Lainnya

Mungkin ada ads yang berbeda—kalian bisa email karena udah punya database mereka. Bangun relasi dengan customer biar mereka tuh tetep inget terus brand-nya.

Jangan habis beli, yaudah dilupain. Kebanyakan bisnis udah happy banget kalo customer-nya loyal. Setiap bulan beli, setiap tahun beli berapa kali, tiap minggu bahkan beli—kalo kalian langganan di online order.

Tapi di saranin kalian fokus ke yang satu lagi.

5. Advocacy
Step 5 – Advocacy yaitu advocacy. Advokasi itu bener-bener ujung holy grail. Kalian bakal marketing gratis dan bisnis grow kenceng banget.

Advocacy artinya kalo customer beli produk dari kalian, customer itu sendiri yang bakal saranin ke temennya untuk beli produk kalian. Dan ini memang effort-nya lebih gede di CRM dibanding just pure marketing.

Gimana cara kalian bisa kasih service yang wow banget untuk customer. Produknya bermanfaat, sampe mereka sendiri—yang ga perlu kita suruh—rekomendasi ke temen.

Tapi kadang ada beberapa hal yang bisa kita lakuin, yaitu pake skema referral, member get member, skema beli berdua dapet diskon.

Dan kalo misalnya kalian bener-bener ngerti secara end to end, bukan cuma mindset yang penting gue punya produk di mana-mana terus bisa jualan—trust me, kalian tuh lebih jago daripada 80% atau 90% entrepreneur lain. Ini teori simpel bangetkan? Semoga membantu. (wda)

Kamu Bisa Dapatkan DANA Kaget setiap hari, bergabunglah di Grup Telegram DANA Kaget.

Baca Juga:

Menggali Peluang Bisnis Kuliner: Ide Bisnis Kekinian yang Bisa Kamu Coba di Indonesia

Ini 4 Usaha Sampingan untuk Karyawan, Kerja Hanya 2 Jam Digaji Rp200 Sehari!

10 Ide Usaha di Pedesaan Minim Modal Terupdate 2024! Untung 10 Juta Perminggu!

Baca berita terkait Ide Bisnis lainnya di Google News

Pos terkait