Panen Berkah, PKK Cikar Berbagi Sayur ke Panti Asuhan dan Lansia

BABELKUPASONLINE.COM–Kamis, 25 Juli 2024, Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) kembali melakukan kegiatan rutin perawatan dan panen sayur bersama di Kebun PKK Cikar (Cintai Pekarangan) di Kediaman Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk mendukung program Semarak Babel (Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung), yang diinisiasi oleh Pj Gubernur Kep. Babel, H.Dr. Safrizal ZA, pihaknya sengaja menanam berbagai tanaman sayur ini sebelum dirawat di kebun di sekitar halaman kediaman gubernur.

Bacaan Lainnya

Usai memanen, Pengurus TP PKK Kep. Babel ini mengemas sayuran dengan rapi untuk kemudian dibagikan ke panti asuhan, panti lansia hingga pondok pesantren.

“Alhamdulillah, senang rasanya bisa berbagi,” tutur Pj Ketua TP PKK Kep. Babel Safriati Safrizal.

Saat pembagian, pihaknya juga turut mengedukasikan tentang program Semarak Babel ini. Program yang sama juga dilaksanakan PKK Kep. Babel yang dinamai dengan “PKK Cikar (Cintai Pekarangan)”

“PKK Cikar ini merupakan kebun milik PKK. Berbagai komoditas yang ada di lahan kebun PKK Cikar ini diantaranya cabai, timun, terong, kacang panjang, sawi, bayam, labu, jagung, toga, serai, kunyit kencur dan jahe,” tuturnya.

Adapun panti yang dikunjungi untuk berbagi kali ini yakni Panti Sosial Bina Serumpun khusus lansia, Panti Asuhan Aisyiyah dan LKSA Muhammadiyah.

Kegiatan yang dilakukan PKK Babel ini tentunya mendapat respon positif oleh Pj Gubernur Babel Safrizal. Dirinya berharap kebun keluarga ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat yang memiliki lahan pekarangan untuk dimaksimalkan sebagai upaya ketahanan pangan bagi keluarga.

“Termasuk tanaman obat-obatan, saya kira ini terus dikembangkan sampai ke desa-desa, untuk perkotaan dapat memanfaatkan polybag. Ayo kita gemar menanam dan berkebun,” ujar Safrizal.(*)

Baca juga berita Bangka Belitung lainnya di Google News

Pos terkait