IIKT Wilayah Mentok Gelar Seminar Parenting: Fokus pada Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

BABELKUPASONLINE.COM – Untuk meningkatkan pemahaman tentang penanganan stunting dan tumbuh kembang anak, Ikatan Istri Karyawan Timah (IIKT) Wilayah Mentok sukses menggelar Seminar Parenting bertema “Pentingnya Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak”. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 7 September 2024, di Gedung Sriwijaya Mentok.

Seminar ini menghadirkan dua pembicara ahli di bidangnya, yaitu Psikolog Desta Israwanda, M.Psl dan Dr. Isna Panca Bayu, Sp.A, dengan acara dipandu oleh Dr. Jovita Metkono. Hadir dalam acara tersebut adalah anggota IIKT, guru dari TK, SD, SMP, serta istri karyawan purnabakti.

Bacaan Lainnya

Ketua IIKT Wilayah Mentok, Mondank July Esin Shisei, menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua mengenai pentingnya deteksi dini dalam tumbuh kembang anak.
“Kami ingin memberikan wawasan kepada orang tua mengenai pencegahan masalah terkait tumbuh kembang anak, seperti stunting, gizi buruk, obesitas, dan penyakit lainnya yang bisa muncul,” ujarnya.

Dokter Spesialis Anak, Dr. Isna Panca Bayu, Sp.A, menambahkan bahwa tujuan dari seminar ini adalah agar orang tua lebih sadar akan pentingnya deteksi dini terhadap masalah tumbuh kembang anak.
“Kami berharap melalui seminar ini, ibu-ibu lebih memahami pentingnya deteksi dini dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga masalah seperti stunting, gizi buruk, obesitas, dan keterlambatan bicara bisa dicegah sejak dini,” jelasnya.

Sementara itu, Psikolog Desta Israwanda menekankan peran penting kedua orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak melalui positif parenting.
“Anak-anak membutuhkan perhatian dan pendampingan dari kedua orang tua. Ini bukan hanya tugas ibu, tetapi juga ayah. Keduanya harus saling mengisi peran dan memastikan kebutuhan emosional anak terpenuhi dengan baik,” ungkap Desta.

Seminar ini merupakan bagian dari upaya IIKT Wilayah Mentok untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan orang tua dalam mendukung perkembangan anak secara optimal, dengan harapan dapat mencegah berbagai masalah kesehatan dan perkembangan anak sedini mungkin. (*)

Baca berita terkait Bangka Belitung Lainnya di Google News

Pos terkait