PT Pupuk Kujang Lakukan Benchmark ke PT Timah untuk Tingkatkan Keamanan Arsip dan Pengelolaan Dokumen

BABELKUPASONLINE.COM – PT Pupuk Kujang mengunjungi PT Timah pada Kamis, 26 September 2024, untuk melakukan benchmarking terkait peningkatan keamanan dokumen perusahaan dan sistem kearsipan.

Kunjungan ini dipimpin oleh AVP Kesekretariatan PT Pupuk Kujang, Amanda Rahma Putri Karnada, yang disambut langsung oleh Kepala Bagian Kearsipan dan Pengendalian Dokumen PT Timah, Dhiesta Febrionna, beserta tim arsip di Unit Pelayanan Arsip PT Timah.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan tersebut, Dhiesta Febrionna memperkenalkan sistem pengelolaan kearsipan yang telah diterapkan di PT Timah.

Mulai dari aplikasi yang digunakan hingga proses digitalisasi arsip yang membuat pengelolaan dokumen menjadi lebih efektif dan efisien. Rombongan PT Pupuk Kujang juga berkesempatan untuk melihat langsung ruang penyimpanan arsip dan berdiskusi mengenai sistem keamanan arsip yang diterapkan.

Amanda Rahma mengungkapkan bahwa PT Pupuk Kujang memilih PT Timah sebagai tujuan benchmark karena PT Timah merupakan salah satu BUMN yang memiliki sistem pengelolaan arsip dengan akreditasi “Spesial AA” dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada tahun 2023.

“Ada banyak hal baru yang bisa kami pelajari dari PT Timah, terutama mengenai sistem keamanan arsip, persuratan, pengklasifikasian, serta penataan ruang arsip,” ujarnya.

Menurut Amanda, PT Pupuk Kujang saat ini sedang dalam tahap penataan arsip, sehingga masih banyak aspek yang perlu ditingkatkan. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru terkait sistem keamanan arsip, seperti pemasangan sprinkler, penataan ruang arsip yang lebih baik, serta pengamanan akses terhadap dokumen.

“Kami datang ke sini untuk belajar mengenai kearsipan dan keamanan arsip. Setelah kunjungan ini, kami akan menyampaikan kepada manajemen tentang langkah-langkah yang perlu diambil, seperti peningkatan keamanan dengan pemasangan sprinkler, penataan ruang yang lebih teratur, serta penyesuaian alat kerja,” jelas Amanda.

Ia juga menambahkan bahwa PT Pupuk Kujang saat ini masih dalam proses penyusunan dan pengelolaan arsip yang lebih baik, sehingga kunjungan ini sangat menginspirasi mereka.

“Masih banyak arsip lama yang perlu kami benahi. Melihat bagaimana pengelolaan arsip di PT Timah yang sangat rapi dan nyaman, ini menjadi inspirasi bagi kami untuk meningkatkan pengamanan arsip di perusahaan kami,” tambahnya.

Sebelumnya, beberapa BUMN lainnya seperti PT KAI dan PT Taspen juga pernah melakukan benchmarking serupa ke PT Timah untuk belajar tentang pengelolaan kearsipan.

Hal ini menunjukkan bahwa PT Timah telah menjadi role model bagi banyak perusahaan dalam hal pengelolaan arsip yang profesional dan berstandar tinggi.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi PT Pupuk Kujang untuk lebih meningkatkan sistem kearsipan dan keamanan dokumen, serta menjadi langkah awal dalam membangun sistem pengelolaan dokumen yang lebih baik dan aman di masa depan. (Sumber:www.timah.com)

Baca berita terkait Bangka Belitung lainnya di Google News

Pos terkait