Bunda PAUD Kota Pangkalpinang, Yuniar Putia Rahma Kedatangan Tamu dari Anak-anak TK Pembina 7

BABELKUPASONLINE.COM–Anak-anak TK Negeri Pembina 7 melakukan kunjungan wisata ke rumah residen wali kota Pangkalpinang, Rabu (16/10/2024).

Kedatangan mereka disambut hangat oleh Bunda PAUD Kota Pangkalpinang, Yuniar Putia Rahma.

Bacaan Lainnya

Yuniar merasa senang anak-anak TK dapat melakukan kunjungan wisata ke rumah residen yang merupakan salah satu cagar budaya di Bangka Belitung. Dia mengatakan, dengan mengunjungi peninggalan sejarah, maka anak-anak dan orang tua yang mendampingi dapat mengetahui tentang sejarah tentang rumah tempat tinggal dan sekitarnya.

“Terima kasih sudah berkunjung. Selamat datang dan selamat belajar. Nanti akan berkeliling-keliling di sini dan dijelaskan cerita sejarahnya. Terima kasih juga kepada orang tua yang ikut mendampingi, ” kata Yuniar.

Pada kunjungan wisata tersebut anak-anak mendapat penjelasan singkat mengenai situs cagar budaya yang ada di rumah residen wali kota dari tim cagar budaya yang juga merupakan Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Ratna Purnama Sari.

Ratna memaparkan, rumah dinas wali kota yang ditempati bernama eks rumah residen. Dibangun pada tahun 1913, saat Pangkalpinang ditetapkan sebagai ibukota keresidenan Bangka di zaman Belanda.

Bangunan pertama awal pembangunan yakni patok titik nol kilometer Pulau Bangka yang berada tepat di depan Gereja GPIB. Kemudian dibangunlah eks rumah residen yang digunakan sebagai rumah presiden pada zaman belanda tersebut.

“Kemudian ada tiga taman yang berada di sekitar eks rumah residen ini, namun yang paling dikenal yakni Taman Wilhelmina. Diambil dari nama salah satu anak perempuan di residen tersebut. Setelah Indonesia merdeka, namanya menjadi Tamansari, ” ujar perempuan yang lebih akrab disapa Bunda Tudung Saji.

Lanjutnya, di Tamansari atau Wilhelmina juga terdapat tugu pergerakan. Tugu tersebut menjadi salah satu peninggalan sejarah karena tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Bangka dalam mempertahankan serta merebut kemerdekaan setelah proklamasi 17 Agustus 1945.(*)

Baca berita terkait Bangka Belitung lainnya di Google News

Pos terkait