PT Timah Perkuat Upaya Konservasi Lingkungan dan Satwa untuk Pelestarian Keanekaragaman Hayati

BABELKUPASONLINE.COM – PT Timah Tbk terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pelestarian lingkungan dan menjaga keanekaragaman hayati melalui berbagai program konservasi satwa. Salah satu program yang diusung perusahaan tambang ini adalah program KEHATI (Keanekaragaman Hayati), yang dilaksanakan di seluruh wilayah operasional PT Timah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan wilayah Kundur Karimun.

Di Pulau Bangka, PT Timah fokus pada konservasi rusa sambar yang berlangsung di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang dan kantor pusat PT Timah. Selain itu, di Hutan Kota Mentok, perusahaan ini juga berperan aktif dalam konservasi ikan endemik dan satwa liar, serta mendukung keberlangsungan coral garden dan artificial reef (terumbu buatan).

Bacaan Lainnya

Upaya yang sama juga dilakukan di Pulau Belitung, di mana PT Timah mengelola konservasi rusa sambar di Desa Burung Mandi, Belitung Timur. Selain itu, di Pulau Kundur, PT Timah mengembangkan Kundur Park sebagai kawasan konservasi satwa, yang menjadi habitat bagi berbagai ikan endemik dan satwa liar.

Kolaborasi menjadi kunci keberhasilan PT Timah dalam melestarikan satwa. Bersama dengan Alobi Foundation, PT Timah menjalankan konservasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi Air Jangkang, yang berfokus pada rehabilitasi satwa liar. Langkah ini diharapkan dapat membantu melestarikan fauna lokal sekaligus menjaga keseimbangan ekosistem.

PT Timah berkomitmen untuk melakukan berbagai inisiatif konservasi satwa, yang tidak hanya melindungi hewan-hewan tersebut, tetapi juga menjaga ekosistem yang mendukung kehidupan mereka,” ujar Anggi Siahaan, Department Head Corporate Communication PT Timah.

Selain konservasi satwa, PT Timah secara konsisten melakukan reklamasi di lahan-lahan bekas tambang. Reklamasi ini meliputi penanaman kembali tanaman asli yang berfungsi sebagai sumber makanan dan tempat berlindung bagi satwa, serta penataan ulang ekosistem untuk mengembalikan keseimbangan alam di kawasan tersebut.

“Perusahaan berharap bahwa langkah-langkah ini tidak hanya memberikan manfaat bagi satwa dan ekosistem, tetapi juga memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat,” tambahnya.

Melalui berbagai program ini, PT Timah berupaya memastikan bahwa kegiatan operasional perusahaan tidak hanya memberi dampak ekonomi, tetapi juga mendukung upaya pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati di wilayah kerjanya.(Sumber:www.Timah.com)

Baca berita terkait Bangka Belitung lainnya di Google News

Pos terkait