PT Timah dan Dinas Perikanan Bangka Barat Tingkatkan UMKM Perikanan Melalui Pembinaan Terintegrasi

BABELKUPASONLINE.COM – PT Timah bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM di sektor perikanan. Program pembinaan ini menyasar nelayan serta pengolah hasil perikanan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Kali ini, PT Timah bersama Dinas Perikanan memberikan penyuluhan kepada Kelompok UMKM Empek Empek Leho di Desa Belo Laut, Mentok, Bangka Barat, pada Senin (19/8/2024). Penyuluh Perikanan wilayah Mentok, Ira Triswiyana, dan Ayu Permata Sari memberikan pendampingan terkait budidaya ikan serta pengolahan hasil tangkapan nelayan. Mereka juga memberikan pembinaan di bidang administrasi, terutama dalam pembuatan proposal untuk mengajukan bantuan.

Bacaan Lainnya

Ira Triswiyana menjelaskan, PT Timah secara konsisten mendukung masyarakat Bangka Barat, terutama nelayan dan pengolah hasil perikanan. “Alhamdulillah, peran PT Timah sangat membantu pelaku usaha di bidang perikanan, terutama dalam mendukung nelayan dan pengolah hasil laut,” katanya.

Selain memberikan pendampingan, PT Timah juga telah menyalurkan bantuan berupa alat tangkap dan freezer untuk UMKM Empek Empek Leho. Ketua Kelompok UMKM Empek Empek Leho, Nora, mengungkapkan bahwa kelompok usahanya mengalami peningkatan omset setelah mendapatkan pembinaan dari PT Timah. “Sejak dibina oleh PT Timah, usaha kami mengalami kemajuan, terutama dalam hal keuangan dan peningkatan pesanan,” ujarnya.

Melalui program ini, PT Timah menunjukkan komitmennya untuk memberdayakan UMKM di sektor perikanan. Inovasi sosial berkelanjutan ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan menciptakan produk yang lebih kompetitif di pasar.(*)

Baca berita terkait Bangka Belitung lainnya di Google News

Pos terkait