PT Timah Dorong Penguatan UMKM Lewat Rumah BUMN Belitung

BABELKUPASONLINE.COM – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam memperkuat ekonomi lokal. PT Timah, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terus berkomitmen untuk mendukung UMKM melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) yang telah berjalan sejak tahun 2000.

Program ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam hal permodalan, pendampingan, pembinaan, hingga promosi produk mereka di wilayah operasional perusahaan.

Bacaan Lainnya

Salah satu bentuk konkret dari dukungan PT Timah adalah dengan mengelola Rumah BUMN Belitung, sebuah wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka.

Terletak di Jalan Kemuning, Kelurahan Parit, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Rumah BUMN ini tidak hanya menjadi pusat pelatihan dan pendampingan, tetapi juga berfungsi sebagai tempat penjualan produk lokal.

Wisatawan yang berkunjung ke Belitung bisa mendapatkan beragam oleh-oleh khas, seperti kerajinan tangan, makanan, dan batik, yang diproduksi oleh UMKM setempat.

Saat ini, Rumah BUMN Belitung telah memasarkan ratusan produk dari mitra binaan PT Timah.

Tidak hanya itu, PT Timah juga secara rutin memfasilitasi berbagai pelatihan bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan keterampilan mereka, memperluas pasar, dan beradaptasi dengan konsep keberlanjutan yang semakin relevan di pasar global.

Baru-baru ini, PT Timah bersama BUMN lainnya mengadakan pelatihan bertajuk Empowering Local Brand: Meningkatkan Daya Saing UMKM Berbasis Sustainability dan Go Global.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM lokal bersaing di pasar yang lebih luas serta mendorong praktik bisnis yang berkelanjutan.

Direktur Eksekutif Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN, I Gede Arimbawa Yasa, menyampaikan apresiasinya terhadap langkah PT Timah dalam mengelola Rumah BUMN Belitung.

Menurutnya, keberadaan Rumah BUMN ini menjadi bukti nyata kepedulian PT Timah dalam membantu meningkatkan kreativitas dan daya saing para pelaku UMKM.

PT Timah menunjukkan komitmen mereka melalui pelatihan dan pendampingan untuk mendukung pertumbuhan UMKM baru, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

PT Timah berharap dengan terus mendukung kreativitas UMKM, sektor ini dapat tumbuh menjadi industri yang kuat dan berkontribusi lebih besar dalam perekonomian daerah, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Keberadaan Rumah BUMN Belitung diharapkan mampu menjadi pusat pengembangan usaha yang mandiri dan berkelanjutan bagi UMKM di Belitung.(Sumber:www.Timah.com)

Baca berita terkait Bangka Belitung lainnya di Google News

Pos terkait