BKOW Babel Latih Anggota Mendaur Ulang Minyak Jelantah Jadi Sabun

BABELKUPASONLINE.COM–Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berikan pelatihan daur ulang minyak goreng bekas (jelantah) menjadi sabun kepada anggotanya. Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Ketua BKOW Safriati Safrizal ini diselenggarakan di Gedung Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Senin (5/8/2024).

Safriati Safrizal menuturkan kegiatan ini pastinya sangat bermanfaat, mengingat banyak rumah tangga menghasilkan limbah minyak jelantah.

Bacaan Lainnya

“Biasanya limbah ini dibuang begitu saja ke tanah atau air, padahal limbah ini menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Mulai dari pencemaran air dan tanah,”ujarnya.

Untuk itu, melalui pelatihan yang difasilitasi oleh Aisyiyah Babel pimpinan Maulia Suryani ini, Safriati berharap anggota BKOW mendapatkan keterampilan pembuatan sabun dari minyak jelantah.

Dalam prakteknya, Anggota BKOW kemudian dibagi dalam 4 kelompok dan masing-masing diberikan bahan pembuatan sabun yang terdiri dari minyak jelantah yang sebelumnya sudah direndam dengan arang, air, dan soda api.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan sembari mempraktekkan pembuatan sabun tahap demi tahap kepada peserta.

“Perlu diingat selama proses pembuatannya, perlu menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan, masker hingga kacamata karena salah satu bahan yakni soda api merupakan bahan berbahaya,” tuturnya.

Senada dengan Safriati, Maulia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan anggota BKOW terhadap pemanfaatan limbah rumah tangga.(*)

Baca berita terkait Bangka Belitung lainnya di Google News

Pos terkait