Citilink Tawarkan Skema Revenue Flight Guna Tekan Angka Inflasi pada Pemprov Babel

Citilink Tawarkan Skema Revenue Flight Guna Tekan Angka Inflasi pada Pemprov Babel
Citilink Tawarkan Skema Revenue Flight Guna Tekan Angka Inflasi pada Pemprov Babel

KUPAS ONLINE.COM – Citilink Tawarkan Skema Revenue Flight Guna Tekan Angka Inflasi pada Pemprov Babel.

Salah satu faktor penyebab inflasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) adalah peningkatan tarif angkutan udara, dengan kontribusi 1,005% dari inflasi Kota Tanjung Pandan (y-on-y) sebesar 5,03%, menurut laporan BPS Babel.

Bacaan Lainnya

Di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023, Penjabat Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu dan jajarannya mengadakan pertemuan dengan Direktur Komersil Citilink Ichwan F. Agus.

Menurutnya, “Tentunya dalam pertemuan ini kita dapatkan titik temu yang dapat langsung kita eksekusi untuk menghadirkan pelayanan publik, khususnya transportasi udara dengan jumlah penerbangan dan juga harga yang lebih rendah sesuai dengan aturan dan regulasinya.”

Rencana subsidi angkutan udara telah dibahas dalam rapat internal dan eksternal sebelumnya, kata Pj Gubernur Suganda. Beberapa cara termasuk biaya bandara, tempat duduk blok, penerbangan tambahan, dan penambahan rute baru ke Batam.

Akibat permintaan tersebut, Ichwan F. Agus, Direktur Komersil Citilink, menyampaikan rencana subsidi yang dapat dilaksanakan melalui pemenuhan revenue flight.

Skema bantuan anggaran penerbangan ini berupa dana deposit untuk pemenuhan subsidi penumpang dalam kurun waktu tertentu sesuai kesepakatan. Apabila target revenue flight tidak terpenuhi, maka pemerintah daerah akan memenuhi selisihnya dari dana deposit.”

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga memberikan penjelasan rinci tentang berbagai aspek biaya operasional, termasuk harga tiket minimum dan maksimal serta simulasi untuk menghitung besaran dana deposit.

Terangnya, Citilink menyebutkan total revenue flight Pangkalpinang-Batam (PP) sebesar 272 juta rupiah.

Ichwan F. Agus tidak hanya menawarkan skema revenue flight, tetapi juga menawarkan kerjasama dalam bentuk paket wisata karena menurutnya metode ini dapat mengurangi kenaikan harga tiket sekaligus meningkatkan pariwisata di beberapa tempat.

Dalam menanggapi presentasi tersebut, Pj Gubernur Suganda menyampaikan rencana Citilink yang akan membantu Pemprov Babel membuat kebijakan, tentunya dengan kesepakatan bersama legal.

Di sini juga hadir Ketua DPRD Babel. Berdasarkan informasi yang diberikan Citilink, kami akan bekerja sama untuk menentukan standar anggaran subsidi yang akan kami berikan, karena harga tiket murah akan berdampak pada ekonomi Babel.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Babel, Kepala Inspektorat Provinsi Babel, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Babel, dan perwakilan dari berbagai lembaga terkait, selain Ketua DPRD Babel Herman Suhadi. (cep)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan