PT Timah Tbk Menerima Penghargaan dari Pemprov Babel Sebagai Pendukung Program Kampung Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

PT Timah Tbk Menerima Penghargaan dari Pemprov Babel Sebagai Pendukung Program Kampung Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Foto: PT Timah.com)
PT Timah Tbk Menerima Penghargaan dari Pemprov Babel Sebagai Pendukung Program Kampung Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Foto: PT Timah.com)

KUPASONLINE.COM – PT Timah Tbk menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai pendukung program kampung iklim yang dipromosikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini diberikan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Di Kantor Gubernur Bangka Belitung, Selasa 21 November 2023, Pj Gubernur Bangka Belitung Safrizal memberikan penghargaan tersebut setelah upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 23 Provinsi Bangka Belitung.

Bacaan Lainnya

Program ProKlim mengakui partisipasi masyarakat yang aktif dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Ini memungkinkan untuk mendukung target penurunan emisi gas rumah kaca nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

PT Timah Tbk mendukung program Pro Iklim di Kampung Iklim Desa Air Limau, Kabupaten Bangka Barat. Perusahaan ini menerima Piagam Partisipasi Program Kampung Iklim Kategori Madya dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Menurut Ferry Afriyanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bangka Belitung, Proklim adalah program yang dibuat oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai upaya Indonesia untuk mengendalikan perubahan iklim.

Sesuai hasil pertemuan para pihak (Conference of the Parties/COP) ke-26 Komisi Perubahan Iklim PBB, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengelola program nasional yang dikenal sebagai ProKlim, atau Program Kampung Iklim. Ini adalah bagian dari komitmen dan kontribusi Indonesia dalam upaya pengendalian perubahan iklim global.

Ini adalah tujuan dari Perjanjian iklim Glasgow, yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan peran masyarakat di tingkat tapak dan pemangku kepentingan dalam melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta penurunan emisi gas rumah kaca.

Ferry menjelaskan bahwa penghargaan ini memberikan pengakuan atau apresiasi kepada kelompok masyarakat di tingkat tapak sebagai pelaksana, pemerintah sebagai pembina, dan lembaga/stakeholder terkait (dunia usaha, lembaga pendidikan, LSM, dan lainnya) sebagai pendukung ProKlim.

Dia berterima kasih kepada PT Timah atas dukungannya terhadap program Proklim di Desa Air Limau Mentok Bangka Barat. Program Kampung Amoi (Agro Mandiri dan Terintegrasi) adalah salah satu bentuk inisiatif adaptasi dan mitigasi Proklim yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan iklim di Desa Air Limau.

Selain itu, dia menyatakan bahwa program ini memiliki manfaat lingkungan, ekonomi, dan kebutuhan pangan.

“Pemerintah provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT Timah Tbk yang telah bergerak mendukung kelompok tani pada Desa Air Limau dan Desa Tanjang, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat,” ungkapnya.

Dengan program kampong iklim, PT Timah Tbk berharap dapat mensinergikan program CSR dan pembangunan masyarakat yang lebih terarah, mulai dari perencanaan hingga pengawasan dan evaluasi, sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

“Alhamdullilah, kita merasa bangga atas kerja keras yang didukung PT Timah Tbk mendapat apresiasi berupa penghargaan baik dari kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung,” ucapnya.

Dia menyatakan bahwa PT Timah Tbk telah berpartisipasi secara aktif dalam program Proiklim Kementrian Lingkungan Hidup.

PT Timah Tbk. telah memberikan dukungan kepada kegiatan Kampung Iklim kami selama ini, termasuk pelatihan pembuatan kompos, pelatihan ternak ayam arab dan merawang, dan bantuan kepada Pokdarwis Air Limau. Kegiatan yang sudah dibangun tidak dapat dimaksimalkan tanpa kerja sama. Mexi menyatakan rasa terima kasihnya kepada PT Timah. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan