Warung Madina: Eksistensi Kuliner Gangan Belitong, Mitra Setia PT Timah Tbk Selama Belasan Tahun

KUPASONLINE.COM – Pulau Belitung terkenal karena alamnya yang indah dan makanan khasnya, seperti Gangan. Mismawati, seorang penggiat usaha kuliner di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, yang merupakan mitra binaan PT Timah Tbk, melihat peluang ini.

Pada tahun 2011 lalu, Mismawati mendirikan Kedai Makan Madina, yang berlokasi di Jalan Badau No.Km. 11, RT.6/RW.2, Buluh Tumbang, Kecamatan Tanjung Pandan. Dia menjadi mitra binaan PT Timah Tbk pada tahun 2021 dan memanfaatkan program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) PT Timah Tbk karena dia ingin mengembangkan usahanya.

Bacaan Lainnya

“Jadi emang ini niat sejak dulu, sehingga ketika masa pensiun membuat kedai makan di Belitung,” kata Mismawati.

Menurutnya, nasi campur, paket gangan Belitong, dan masakan Belitung lainnya disajikan di restoran tersebut.

Kedai Makan Madina memiliki cita rasa yang khas yang membuat pelanggan tetap dan bahkan wisatawan datang untuk mencicipi gangan Belitong khasnya.

Menurutnya, promosi di Kedai Makan Madina terutama berasal dari pelanggan yang datang dan saling menginformasikan, yang membuat restoran yang berdiri sejak 12 tahun lalu menjadi lebih dikenal oleh masyarakat umum.

“Orang cocok lidahnya makan di sini, biasanya kembali lagi, dan membawa teman lainnya,” jelasnya.

Dengan semakin banyaknya pelanggan yang datang, kondisi kedai mereka masih kecil, jadi dia memanfaatkan program PUMK PT Timah Tbk untuk meningkatkan bangunan usahanya.

Selain itu, PT Timah Tbk juga meningkatkan modal usahanya melalui pinjaman modal program PUMK. Ini termasuk peralatan.

Menurutnya, prosesnya cepat dan alhamdulillah berjalan lancar dan sangat memudahkan.

Sebagai tanggapan atas penurunan daya beli masyarakat, PT Timah Tbk juga memberikan kemudahan dan keringanan bagi bisnis mereka.

“Saat daya beli masyarakat menurun usaha kami juga otomatis terdampak, dan PT Timah Tbk memberikan kemudahan untuk kami menyelesaikan tanggung jawab kami,” terangnya.

Ia berharap, program PUMK PT Timah Tbk dapat terus berlanjut sehingga bisa membantu pelaku UMKM dalam menjalankan usaha mereka.

“Semoga program ini terus membantu masyarakat, karena PUMK ini sangat ringan dan mudah,” tandasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan