PT Timah Tbk Gandeng Kelompok Nelayan, Jaga Ekosistem Pesisir dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir

PT Timah Tbk Gandeng Kelompok Nelayan, Jaga Ekosistem Pesisir dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir
PT Timah Tbk Gandeng Kelompok Nelayan, Jaga Ekosistem Pesisir dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir

KUPASONLINE.COM – PT Timah Tbk terus berupaya mendukung peningkatan perekonomian masyarakat pesisir dan kelompok nelayan di wilayah operasional perusahaan.

Anggota holding industri pertambangan MIND ID ini mengambil langkah proaktif dalam memberdayakan kelompok nelayan dan masyarakat pesisir. Inisiatif yang dilakukan PT Timah Tbk menunjukkan bahwa proses bisnis perusahaan dapat sejalan dengan kesejahteraan masyarakat lokal dan kelestarian lingkungan.

Bacaan Lainnya

PT Timah Tbk mendukung kegiatan kelompok nelayan dengan menyerahkan bantuan alat tangkap, peningkatan sarana dan prasarana usaha bagi kelompok nelayan, serta perbaikan kapal nelayan bagi kelompok nelayan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau.

Selain mendukung sarana dan prasarana kelompok nelayan, PT Timah Tbk juga memberdayakan kelompok nelayan dan masyarakat pesisir. Pemberdayaan dilakukan dengan melibatkan nelayan untuk membuat taman karang dan fishing ground di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara di Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya di Kundur, PT Timah Tbk kerap melibatkan kelompok nelayan untuk menanam mangrove sebagai upaya menjaga ekosistem pesisir, memasang penahan abrasi, dan restock kepiting bakau.

PT Timah Tbk memberikan bantuan alat tangkap berupa mesin tempel, mesin ketinting, mesin perahu, alat tangkap berupa kawat bubu dan pencari ikan, serta jaring ikan. Serta bantuan perbaikan perahu dan sarana prasarana pengembangan usaha perikanan.

Melalui perbaikan sarana dan prasarana diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan kelompok nelayan.

Selain itu, PT Timah Tbk juga memberikan jaminan sosial berupa BPJS Ketenagakerjaan bagi kelompok nelayan. Emiten berkode TINS ​​ini juga kerap membantu para nelayan yang mengalami kecelakaan laut.

Untuk menunjang aktivitas nelayan, PT Timah Tbk baru-baru ini juga menyerahkan bantuan perbaikan gubuk nelayan kepada kelompok Nelayan Harapan Baru, Desa Rebo, Kabupaten Bangka.

Ketua Kelompok Nelayan Harapan Baru, M.Ridwan, PT Timah Tbk membantu pembangunan shelter nelayan dan digunakan untuk menimbang ikan hasil tangkapan nelayan.

Dengan dibantu PT Timah Tbk, katanya, mereka akan membangun pondok nelayan semi permanen, tempat penimbangan ikan, dan tempat parkir kendaraan penangkapan ikan.

“Alhamdullilah, bantuan dari PT Timah Tbk ini sangat membantu. Kita bisa segera membangun shelter nelayan, tempat parkir kendaraan, dan tempat penimbangan ikan,” ujarnya.

M. Ridwan mengatakan, ini kali kedua kelompoknya mendapat bantuan dari PT Timah Tbk. Pada tahun 2021, mereka mendapatkan tiga unit mesin tempel 9,8 PK dari PT Timah Tbk.

“Sebelumnya PT Timah Tbk juga memberikan bantuan mesin tempel kepada kelompok kami. Alhamdulillah sudah menghasilkan dan memberi penghasilan bagi kelompok kami,” ujarnya.

Salah satu kelompok nelayan penerima bantuan dari PT Timah Tbk,
Kelompok Nelayan KUB Setia Abadi, Asrul mengatakan, anggota kelompoknya sangat terbantu dengan adanya bantuan mesin untuk anggotanya.

Ia berharap dengan adanya mesin baru ini, anggota kelompoknya dapat meningkatkan hasil tangkapannya.

Harapan kami, PT Timah bisa maju dan berkembang. Sehingga bisa terus membantu masyarakat di Kundur Barat, tidak hanya nelayan, seperti kita tahu perusahaan sudah banyak memberikan bantuan dan juga berkontribusi kepada masyarakat, ujarnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *