Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang Disulap Jadi Venue Pernikahan, 74 Pasang Warga Ikut Nikah Massal

KUPASONLINE.COM – Jumat 10 November 2023, 74 pasang pengantin menikah massal di Taman Merdeka Pangkalpinang.

Para pengantin diarak dari rumah dinas Wali Kota ke Alun-alun Taman Merdeka sebelumnya. Mereka memakai baju adat pengantin Paksian Bangka Belitung berwarna merah, dan mereka memiliki riasan di wajah mereka.

Bacaan Lainnya

Menurut Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen), acara ini merupakan bagian dari Festival Beribu Senyuman yang diperingati untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-266 Kota Pangkalpinang.

Selain itu, Tabligh Akbar dan peresmian Masjid Agung Kubah Timah dilakukan pagi tadi. Ustaz Das’ad Latif adalah ulama terkenal.

Molen mengatakan dia sangat mengapresiasi semua orang yang terlibat dalam resepsi nikah massal dan sidang itsbat nikah ini. Dia juga ingat saat menggelar nikah massal dan menjadi “pengantin” bersama istrinya pada tahun 2018.

“Ingat sekali saya tahun 2018 itu ikut juga acara yang kami inisiasi ini. Dari acara itu banyak yang mengapresiasi dan bahagia karna diadakannya nikah massal. Kami mengucap terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat, Kemenag, Pengadilan Agama, Kejari, dan yang lain yang sangat membantu,” kata Molen.

Lanjutnya, di Pangkalpinang ada sekitar 400 warga yang belum tercatat itsbat nikah di dinas pendudukan dan catatan sipil. Namun dengan diadakannya nikah massal ini, berkurang menjadi sekitar 300 warga lagi.

“Jadi masih ada PR sekitar 300 orang lagi. Hari ini lumayan terangkum ada 74 pasang. Semoga dengan kegiatan ini membuat pengantinnya bahagia dan membawa keberkahan bagi kita,” ucap Molen.

Selain itu, dia berterima kasih kepada Harpi Kota Pangkalpinang atas bantuan mereka dalam merias pengantin wanita dan menyiapkan pakaian adat pengantinnya. Pengantin diberi selimut sebagai cinderamata selain menyewakan gaun pengantin secara gratis.

Sementara itu, Dahron, Wakil Kepala Pengadilan Agama Negeri Pangkalpinang, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Pangkalpinang karena telah mengatur acara nikah massal. Dia menyatakan bahwa, meskipun dia telah bekerja di Pengadilan Agama selama dua puluh tahun dan bertugas di berbagai daerah, hanya di Pangkalpinang sidang itsbat nikahnya dilakukan dengan meriah seperti pernikahan mewah.

“Biasanya juga seremoni biasa, tapi di sini luar biasa dimeriahkan seperti ini. Semoga ini membawa kenangan baik untuk pak wali yang sebentar lagi selesai jabatannya. Semoga sampai akhir tugasnya dapat husnul khotimah,” tutur Dahron.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *