PT Timah Tbk Raih Proper Emas dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Tertinggi

KUPASONLINE.COM – PT Timah Tbk, melalui unitnya TB Batu Besi, meraih Proper Emas dalam ajang Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin dalam acara di Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu, 20 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Selain Proper Emas, PT Timah Tbk juga meraih PROPER Hijau dan Biru melalui beberapa unitnya seperti Metalurgi Muntok, Produksi Kundur, UPDB TB Pemali, UPDB TB Paku, UPDB Bangka Selatan, UPDB Bangka, UPDB Bangka Barat, Unit Produksi Belitung, dan Balai Karya.

Menurut Rozaldi Rosman, Kepala Bidang Trantibum Tranmas Satpol PP Padang, pihaknya fokus melakukan pengawasan terhadap tempat-tempat yang dilaporkan dugaan gangguan trantibum. Dalam kegiatan tersebut, PT Timah Tbk menerima penghargaan atas komitmennya dalam menjalankan program lingkungan yang berkelanjutan.

Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa program PROPER menjadi platform untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan berkelanjutan dan mencegah pencemaran dari aktivitas industri. Ia menekankan pentingnya perusahaan tidak hanya fokus pada keuntungan tetapi juga memperhatikan aspek lingkungan sosial.

“Proper sepatutnya menjadi kompas yang mampu memandu praktik bisnis berkelanjutan dengan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau, bahkan mendorong capaian yang melebihi ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup,” katanya.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Alue Dohong menambahkan bahwa Anugerah Proper merupakan penghargaan atas kerja dunia usaha dalam pengelolaan lingkungan, eco inovasi, inovasi sosial, dan green leadership.

Tema Green Leadership Perusahaan tahun ini adalah “Extraordinary Turnaround,” yang menekankan lima lompatan untuk menjaga kelangsungan bumi dan manusia.

PT Timah Tbk memenangkan Proper Emas melalui Program Terpadu Inovasi Nanas Badau Belitung Indonesia (Protein Nabati), yang merupakan upaya perusahaan untuk memanfaatkan lahan bekas tambang dan membudidayakan nanas badau melibatkan kelompok tani dan UMKM lokal.

Dengan raihan Proper Emas dan penghargaan lainnya, PT Timah Tbk terus menunjukkan komitmen kuatnya terhadap keberlanjutan lingkungan dan masyarakat serta berperan sebagai perusahaan yang peduli terhadap dampak sosial dan ekologis dari operasionalnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan