PT Timah dan Masyarakat Desa Gemuruh Tanam 100 Pohon Cemara Laut untuk Cegah Abrasi

KUPASONLINE.COM – PT Timah, bersama masyarakat Desa Gemuruh, melakukan kegiatan penanaman 100 pohon cemara laut di sekitar Pantai Batu Kucing Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, pada Jumat 02 Februari 2024. Inisiatif ini bertujuan untuk mencegah abrasi di kawasan pantai dan menjaga ekosistem pesisir.

Kegiatan penanaman pohon cemara laut ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat, seperti yang diungkapkan oleh Kepala Desa Gemuruh, Ari Supriyadi Nurfaisal. Ia menyatakan kegembiraannya atas kegiatan penanaman pohon tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami dari Pemerintah Desa Gemuruh berencana akan melakukan dan menata lokasi Pantai Batu Kucing menjadi tempat wisata, sehingga dengan adanya penanaman Cemara di sini tentu akan menjadikan pantai batu kucing semakin indah,” ujarnya.

Selain mencegah abrasi, penanaman pohon cemara laut juga diharapkan dapat meningkatkan daya tarik kawasan pantai, menjadikannya potensi sebagai destinasi wisata yang menarik. Hal ini sesuai dengan visi pengelolaan kawasan menjadi tempat rekreasi untuk masyarakat.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup Kecamatan Kundur Barat, Eviyanti, memberikan apresiasi terhadap kepedulian PT Timah terhadap masyarakat dan lingkungan. Ia menjelaskan bahwa cemara laut memiliki peran penting sebagai penahan abrasi pantai dan pelindung dari angin serta gelombang tinggi.

“Semua ini tentu akan memperindah lokasi pantai batu kucing yang akan dijadikan lokasi wisata baru di Desa Gemuruh. Dan semua itu tentunya membutuhkan dukungan kita semua,” tambahnya.

Eviyanti menyoroti konsistensi PT Timah dalam melaksanakan program-program lingkungan, seperti penanaman cemara, penanaman mangrove, dan pemasangan penahan abrasi.

Upaya ini telah menunjukkan progres positif dan memberikan dampak yang signifikan bagi lingkungan. Masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari program-program lingkungan yang diinisiasi oleh PT Timah. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan