PT Timah Tbk Mendukung kemandirian Ekonomi Masyarakat di Lingkar Tambang Melalui Program TJSL

KUPASONLINE.COM – Mendukung dan menggerakkan ekonomi masyarakat di wilayah operasional merupakan salah satu komitmen PT Timah Tbk.

Anggota holding industri pertambangan MIND ID melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) memberdayakan masyarakat di lingkar tambang.

Bacaan Lainnya

Program pemberdayaan masyarakat PT Timah Tbk mengikuti konsep tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB), juga dikenal sebagai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di seluruh dunia.

Selain itu, program CSR perusahaan memenuhi persyaratan ESG (Environmental, Social, and Governance).

Dengan tujuan menciptakan lapangan kerja baru dan menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat di lingkar tambang, PT Timah Tbk melakukan program pemberdayaan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Dengan bekerja sama dengan Kelompok Nelayan Batu Tuan di Desa Sawang Laut, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, PT Timah Tbk membantu masyarakat dengan potensi desa yang dimilikinya.

Selain itu, perusahaan berkode TINS membantu penduduk Pulau Setunak, Desa Tulang, Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun untuk mendukung kemandirian pangan mereka melalui budidaya kepiting bakau dan pertanian hidroponik bersama dengan kelompok perempuan.

PT Timah Tbk juga membantu masyarakat adat mapur di Desa Deniang, Kabupaten Bangka. Selain membantu pelestarian adat, PT Timah Tbk juga menawarkan pelatihan seperti ecoprint dan pemandu wisata untuk mendukung kawasan wisata Kampong Adat Gebong Memarong.

Selain itu, untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan, PT Timah Tbk juga sering membantu sarana dan prasarana nelayan, seperti membantu alat tangkap seperti mesin tempel, jaring, dan pondok singgah.

Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) TINS juga mendukung sektor UMKM di wilayah operasional perusahaan. Seperti yang diketahui, usaha kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu faktor pendorong ekonomi masyarakat. PT Timah Tbk memberikan modal kepada pelaku UMKM untuk memperluas bisnis mereka.

“Program CSR yang dilaksanakan PT Timah Tbk dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga nantinya bisa memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat,” kata kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan.

Program PPM dan CSR yang dilaksanakan PT Timah Tbk ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, seperti yang disampaikan Ketua Pokdakan Maju Bersama, Desa Sawang Laut Kecamatan, Kundur Barat, Zulkifli yang merupakan mitra PT Timah Tbk dalam melaksanakan budidaya siput isap.

“Dengan adanya budidaya ini kami memiliki sumber ekonomi baru. Terkait pemasarannya, siput isap memiliki prospek yang kompetitif. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat sekitar yang sudah siap untuk membeli siput isap,” katanya.

Menurutnya, program budidaya siput isap sangat cocok karena lokasi budidaya yang tepat di pesisir Pantai Batu Tuan. Masyarakat di sekitar Kecamatan Kundur Barat pun sangat senang mengonsumsi siput isap.

Selain karena harganya yang terjangkau, siput isap juga mudah diolah menjadi aneka makanan lain. Bahkan, siput isap telah menjadi bahan wajib pada makanan khas Melayu yang disebut lendot,” ucapnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *