PT Timah Tbk Kembali Berkomitmen pada Reklamasi Lingkungan untuk Masyarakat Bangka Belitung

KUPASONLINE.COM – PT Timah Tbk terus menunjukkan komitmennya terhadap pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan melalui program reklamasi yang dilaksanakan secara konsisten.

Pada tahun 2024, perusahaan tersebut berencana melakukan reklamasi darat seluas 396,5 hektar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ini merupakan kelanjutan dari upaya reklamasi sebelumnya yang dilakukan pada tahun 2023 dengan luas lahan 299,47 hektar.

Bacaan Lainnya

Reklamasi darat yang dilakukan oleh PT Timah Tbk mengikuti rencana perusahaan untuk melakukan revegetasi atau penanaman kembali. Langkah ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi ekologis lahan pasca tambang. Berbagai jenis tanaman dipilih untuk ditanam, termasuk tanaman buah-buahan seperti jeruk dan alpukat, serta tanaman komoditas seperti sengon, jambu mete, dan kelapa sawit.

Menariknya, PT Timah juga melibatkan masyarakat lokal dalam pelaksanaan program reklamasi ini. Selain sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, partisipasi mereka dalam program tersebut juga berkontribusi pada perekonomian lokal.

Anggi Siahaan, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, menegaskan bahwa program reklamasi merupakan salah satu prioritas perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab lingkungan. Perusahaan ini berkomitmen untuk tidak hanya memenuhi kewajibannya dalam pengelolaan lahan bekas tambang, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, Anggi juga mengungkapkan bahwa reklamasi yang dilakukan oleh PT Timah Tbk secara rutin dinilai oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Hal ini menunjukkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan dalam menjalankan program lingkungan.

Dengan terus melakukan program reklamasi, PT Timah Tbk tidak hanya menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan, tetapi juga berperan aktif dalam menjaga ekosistem serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Program ini menjadi bukti nyata bahwa industri pertambangan bisa berkontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat jika dilaksanakan dengan benar dan bertanggung jawab. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *